JANGAN PROTES KEPADA PROSES

05 Dec
0 comment

JANGAN PROTES KEPADA PROSES;

Banyak orang di luar sana ingin menjadi sukses tetapi protes terhadap proses untuk menjadi sukses, akhirnya mereka sulit menjadi sukses karena proses tidak pernah mengkhianati hasil. Namun karena banyak orang yang protes pada proses, akhirnya mereka tidak mau menjalani prosesnya. Mereka hanya mau mendapatkan hasil yang serba instan. Padahal yang namanya hasil itu akan selalu setia pada proses, tidak mungkin sebaliknya.

Banyak orang yang tidak sabar dengan proses, karena mereka tidak mengambil penderitaannya. Mereka tidak mau mengambil konsekuensinya yang terjadi karena kita tidak diajarkan untuk menjalani proses dengan suka cita. Kita terlalu fokus terhadap hasil, bukan terhadap proses. Buktinya, di zaman kita sekolah dulu, anak yang disebut berprestasi bukan anak yang paling giat belajarnya, akan tetapi yang nilai rapornya paling tinggi. Akhirnya anak-anak berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai, bukan berlomba-lomba pada proses, yaitu siapa yang paling giat belajar.

Oleh karenanya tak heran kalau banyak siswa mencari cara bagaimana mendapatkan nilai seratus, bukan mencari cara untuk paham terhadap apa (hal/materi) yang sedang dipelajari. Maka ketika mereka dewasa kelak, mereka pun alergi dengan yang namanya proses, karena di dalam benak mereka, hasil lah yang lebih utama.

Jadi, masihkah kita hanya memikirkan pada hasil? Atau imbalan apa yang ingin kita terima? Kalau “iya” jawabannya, tandanya kita masih protes kepada proses.

Tips-Tips agar kita tidak protes kepada proses

  1. Setialah kepada proses, karena proses tidak akan mengkhianati hasil -karena ini sudah ada di dalam ajaran agama: “Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum apabila kaum tersebut tidak mau mengubah nasibnya sendiri.”
  2. Proses memang menyakitkan, proses memang membosankan, proses memang penderitaan, proses memang memenjarakan, proses memang air mata dan darah; tetapi proses lah yang selalu menjadi pemenangnya.
  3. Semakin kita mau menjalani proses dengan sungguh-sungguh untuk meraih tujuan kita, maka proses pun akan membantu kita untuk meraih tujuan-tujuan kita -proses adalah bentuk komitmen kita bahwa kita serius dengan apa yang kita inginkan, maka Tuhan pun serius untuk membantu kita mendapatkan apa yang kita harapkan.
  4. Dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas, lakukan dengan senang hati dan gembira. Perbanyak senyum dan ramah ketika berhadapan dengan orang lain.
  5. Kita semua dihadapkan dengan persaingan yang semakin ketat untuk memperoleh pekerjaan dan memenuhi kebutuhan hidup, karena semua serba mudah.
  6. Saat kita mengalami keputusasaan, kita harus mengingat (kembali) tujuan yang ingin dicapai.

Rujukan: http://www.kpud-malangkota.go.id/berita/proses-tidak-akan-mengkhianati-hasil#:~:text=%E2%80%9CHasil%20merupakan%20akibat%2C%20sementara%20usaha,mengkhianati%20hasil.%E2%80%9D%20Pungkas%20Izzudin.

https://makhairuddin.sch.id/detail_berita.php?Hasil-Tidak-Akan-Mengkhianati-Usaha-dan-Usaha-Tidak-Akan-Mengkhianati-Hasil-41

Leave your thought