JANGAN BERHENTI BERUSAHA

28 Nov
0 comment

JANGAN BERHENTI BERUSAHA;

Tidaklah menjadi masalah selambat apa pun kita dalam menjalani hidup, selama kita tidak berhenti berusaha. Selagi kita berusaha, ada saja halangan yang menguji kita untuk terus melangkah yang dapat membuat kita putus asa dalam menjalaninya. Tetapi segala rintangan tersebut menjadi suatu bahan cerita yang seru apabila kita berhasil melewatinya, karena membawa kenikmatan tersendiri yang tidak bisa diukir oleh kata-kata.

Terasa lambat oleh kita ujung dari kesuksesan itu, seperti kita memasuki sebuah lorong yang tidak bertepi, hingga kita berpikir mengapa kita menjalani ini semua, apakah semua ini layak untuk kita perjuangkan? Perasaan tersebut sangat normal untuk kita rasakan, dan pasti ikut dirasakan pulap oleh setiap insan yang ingin menempuh jalur kesuksesannya.

Yang membedakan adalah insan yang senantiasa fokus terhadap ujung dari pencapaiannya, bukan fokus terhadap kerikil-kerikil yang menghalangi perjalanannya. Karena kesuksesan sangat indah untuk kita ceritakan apabila dibumbui oleh unsur perjuangan dalam mencapainya, bukan ketika kita duduk di singgasana (karena hasil merupakan dampak, bukan tujuan utama dalam kita merajut perjalanan ini).

Mungkin hasil seringkali mengecewakan dibandingkan kenikmatan dalam menjalani setiap proses yang harus kita lalui. Lalu, masihkah kita berhenti berusaha ketika perjalanan berliku? Atau kita melompatinya, menerjangnya, hingga kita sampai kepada tujuan yang kita cita-citakan?

 

Tips-Tips agar kita tidak berhenti berusaha:

  1. Ingat, tujuan adalah segalanya, bukan perjalanannya, karena tujuanlah yang membuat hidup menjadi lebih hidup.
  2. Fokus terhadap perjalanan membuat kita selalu mempermasalahkan kapan semua ini berakhir, karena memang ini tidak perlu kita pikirkan –jalani saja, karena perjalan seribu mil dimulai dari langkah pertama.
  3. Tidak ada cerita indah apabila perjalanan kita selalu indah untuk dilalui. Tetapi sebaliknya, cerita indah selalu bisa kita rasakan apabila perjalanan yang kita lalui penuh liku dan air mata (karena membuat kita sadar bahwa bukan hasil yang membuat kita hidup, tetapi prosesnya, yang membuat kita lebih dewasa).
  4. Rasa sakit yang dialami oleh jiwa dan raga akan menjadi sia-sia apabila kita tidak mencoba untuk bangkit. Jadikan rasa sakitmu sebagai kekuatan untuk terus melanjutkan perjuanganmu.
  5. Hidup ini penuh dengan kejutan. Kadang semua yang sudah direncanakan dengan sempurna tidak berjalan sesuai dengan rencana kita, dan akhirnya kita pun merasa sedih. Tapi jangan pernah menyerah, teruslah berjuang.
  6. Selama kita terus berusaha, maka kita akan selalu punya kesempatan untuk sukses. Selama kita terus bergerak, maka kemungkinan itu akan selalu ada. Kalau orang lain mampu melaluinya, maka insya Allah kita pun bisa melaluinya.

Rujukan: https://www.kompasiana.com/zakyzamani2868/62305bf57a36cd55a42021c4/jangan-pernah-menyerah

Leave your thought