ANAK ADALAH AMANAH

26 Oct
0 comment

ANAK ADALAH AMANAH; Kadang kita sebagai orang tua lupa bahwa anak adalah amanah yang pada suatu saat nanti akan diminta pertanggung jawabannya kelak oleh yang menitipkannya, yaitu Tuhan Sang Maha Pencipta.

Nah, diibaratkan kita sedang dititipkan sesuatu (bisa itu benda, atau hewan peliharaan, ataupun makhluk hidup lainnya), pasti suatu saat nanti orang yang menitipkan itu akan menagih hal yang dititipkannya tersebut. Andaikata kita tidak pandai dalam menjaga dan merawat benda, atau hewan peliharaan, ataupun makhluk hidup tersebut, kira-kira bagaimana perasaan orang yang menitipkannya kepada kita?

Begitu pun anak yang telah ‘dititipkan’ oleh Tuhan kepada kita (sebagai orang tuanya), kalau saja kita tidak pandai dalam menjaga dan merawatnya, kira-kira bagaimana ‘perasaan’ Tuhan ketika mengetahui hal tersebut?

Kita pandai dalam meminta sesuatu kepada Tuhan. Pagi, siang, malam, kita berdoa. Tetapi ketika kita diminta untuk bertanggung jawab terhadap sesuatu yang kita minta, kita lupa untuk memenuhi tanggung jawab tersebut dengan sungguh-sungguh.

Akhirnya ketika Tuhan melihat bahwa kita tidak memiliki kesungguhan dalam menjaga amanah yang sudah Dia berikan tersebut, Tuhan meminta kembali anak yang ‘dititipkan’ kepada kita (orang tuanya). Karena Tuhan tidak menginginkan anak yang ‘dititipkannya’ kepada kita menjadi korban atas ketidakbecusan kita dalam merawat dan menjaganya.

Karena Tuhan Maha Penyayang, Dia tidak mau kita merusak makhluk ciptaan terbaiknya, yang berupa seorang anak manusia sehingga mengakibatkan penderitaan bagi mereka. Pernahkah kita berpikir dan merenungi bahwa anak hanyalah amanah yang diberikan kepada diri kita sebagai orang tuanya yang sewaktu-waktu akan diambil oleh Sang Pemilik?

 

Tips-Tips agar kita sadar bahwa anak adalah amanah

  1. Sadarilah bahwa anak adalah amanah yang diberikan kepada kita, bukan sepenuhnya milik kita, karena kita tidak menciptakannya –kita hanya melahirkannya di dunia ini.
  2. Bagaimana seharusnya sikap sebagai seorang penjaga amanah, agar yang menitipkan amanah tersebut percaya bahwa kita adalah orang yang pantas dalam mengemban tanggung jawab sebagai pemegang amanah tersebut, itulah yang harus kita pikiran dan lakukan dengan sungguh-sungguh.
  3. Apabila kita sadar bahwa anak-anak kita hanyalah amanah yang diberikan kepada kita untuk sementara waktu, maka jagalah amanah tersebut dengan penuh kesungguhan hati. Karena kita tidak pernah tahu kapan amanah tersebut akan diminta kembali oleh yang memberikannya.
  4. Anak-anak jauh lebih membutuhkan kehadiran dan interaksi dengan kita daripada sekadar hadiah dan uang yang kita berikan.
  5. Bermainlah bersama mereka, ajari mereka, didik dan sayangi mereka. Karena mereka adalah amanah dari Tuhan.

 

Rujukan: https://www.brilio.net/wow/40-kata-kata-bijak-islami-tentang-anak-edukatif-dan-bermakna-200320v.html

Leave your thought