KEGAGALAN ADALAH INSPIRASI

30 Sep
0 comment

KEGAGALAN ADALAH INSPIRASI;

Banyak orang sangat membenci kegagalan, karena kegagalan adalah aib bagi mereka (harus ditutupi). Kegagalan mengindikasikan bahwa kita lemah. Kegagalan menutup masa depan kita yang cemerlang, dan lain sebagainya.

Kita tidak sadar bahwa sebenarnya kita bisa lebih banyak belajar dari kegagalan dibandingkan kesuksesan, karena tidak mungkin seseorang tidak pernah mengalami kegagalan samasekali dalam hidupnya, pasti kita semua pernah mengalaminya (bagi yang belum, tinggal tunggu saja waktunya, hehe). Di agama pun sudah dijelaskan bahwa manusia adalah tempatnya kesalahan, jadi sangatlah wajar kalau kita mengalaminya.

Tetapi pertanyaannya: apakah kegagalan ini akan menginspirasi diri kita untuk menjadi pemenang, atau sebaliknya? Kita terus meratapi kegagalan yang pernah kita alami, membuat diri kita terbenam dalam pusaran kegagalan, sehingga wajar apabila kita terus menemui kegagalan, karena kegagalan mencintai orang yang sangat mecintainya (seperti kata orang bijak berikut ini: “Engkau bersama dengan yang kau cintai”).

Apabila kita ‘mencintai’ kegagalan, maka kita akan terus menemuinya. Namun apabila sebaliknya, maka jadikan kegagalan tersebut sebagai pembelajaran dalam hidup kita, di mana kita berusaha untuk tidak mengulanginya lagi. Bukan kegagalan yang harus kita salahkan, tetapi jika kita tidak pernah belajar dari kegagalan yang kita perbuat, maka itulah kegagalan sejati.

 

Tips-Tips untuk menjadikan kegagalan sebagai sumber inspirasi:

  1. Kegagalan adalah ‘obat’ bagi pemenang kehidupan, karena setiap orang pasti akan mengalaminya. Maka bersegeralah, ambil ‘jatah’ kegagalan kita untuk melompat lebih jauh lagi.
  2. Kita lebih banyak belajar dari kegagalan dibandingkan ketika kita menjadi sukses, karena lebih banyak pembelajaran yang kita dapatkan darinya. Kegagalan membuat kita paham hal apa saja yang perlu kita perbaiki untuk meraih kesuksesan.
  3. Tak perlu malu atau sedih jika kita gagal dalam ikhtiar kita dalam menjalani kehidupan ini, karena para pemenang selalu menjadikan kegagalan mereka itu sebagai pendorong mereka untuk menjadi sukses. Karena mana kita tahu kita sudah sukses atau belum apabila kita tidak pernah mengalami kegagalan sebelumnya.
  4. Kegagalan yang berulangkali kita alami dapat mendorong kita kepada rencana selanjutnya dengan mengevaluasi Planning ataupun Rencana Kerja kita. Di sinilah titik dimana orang memilih tidak melarikan diri dari pekerjaan yang dia tekuni untuk terus mencoba, mencoba, dan mencoba lagi.
  5. Semakin banyak kita mengalami kegagalan, berarti semakin banyak pula kita mengetahui cara-cara ataupun hal-hal yang tidak perlu kita lakukan lagi, atau kita hindari agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 

Rujukan: https://www.kompasiana.com/sadikhairil/5a15ab9bca269b277b1a2932/akumulasi-kegagalan-menjadi-inspirasi

Leave your thought