INNER GAME

08 Sep
0 comment

INNER GAME; Banyak manusia tidak bisa mengeluarkan seluruh potensi yang dimiliki oleh dirinya sendiri akibat kalah dalam ‘permainan’ melawan diri negatifnya, sehingga dia tidak dapat mencapai prestasi terbesar di dalam kehidupannya. Diri negatifnya menahan dia untuk melakukan hal-hal yang luar biasa di dalam kehidupannya, karena diri negatifnya tidak mengizinkan dia untuk menjadi pemenang.

Kalau kita menuruti segala perintah diri negatif, maka kehidupan kita akan ‘berjalan di tempat’ selama diri fisiknya masih hidup. Hal ini tidak sepenuhnya kita sadari hingga maut akan menjemput, maka kita harus waspada terhadap diri negatif kita ketika ada bisikan yang menyuruh kita untuk merasa nyaman dengan kondisi yang tidak memiliki prestasi (terserah apa pun jenis prestasinya, tetapi hal ini akan merusak masa depan kita kalau saja kita tidak segera memaksakan diri untuk sadar).

Susahnya, diri negatif ini bersemayam di dalam diri kita, bukan di luar diri kita, jadinya sulit kita dapat mengenalinya. Butuh kewaspadaan tingkat tinggi untuk dapat melawannya. Oleh karena itu, mari kita mengenali diri negatif kita dengan cara mengenali tanda-tandanya, yaitu sering-seringlah melakukan intropeksi diri ke dalam apa yang menyebabkan sampai saat ini kita belum memiliki prestasi, agar kita dapat memenangi inner game atau ‘permainan’ di dalam diri kita yang menghambat diri kita untuk sukses.

Inner game adalah permainan yang dimainkan oleh pikiran orang-orang dengan diri mereka sendiri, di luar kesadaran mereka sendiri, yang mempengaruhi kinerja mereka dalam suatu tugas. Ini adalah hal-hal yang dilakukan pikiran secara tidak sadar untuk mencapai hasil yang dirasa pantas. Memiliki permainan batin yang sehat saat berada di saat ini telah diberi label sebagai “dalam zona” dan “sedang mengalir”. Namun, inner game seseorang mungkin juga terlibat ketika kinerja mereka yang sebenarnya kurang dari potensi mereka.

Sesungguhnya kesuksesan kita tergantung dari apakah kita dapat memenangi inner game melawan diri negatif kita atau tidak.

 

Tips-Tips agar kita memenangi permainan melawan diri negatif kita:

  1. Kenali diri negatif kita itu apa saja, dengan cara introspeksi diri kita ke dalam. Beri waktu untuk mengenalinya.
  2. Buatlah list diri negatif kita selengkap mungkin, kemudian catat atau tulis di selembar kertas agar kita dapat mengenalinya. Contoh: malas, minder, takut gagal, moody, tidak diapresiasi oleh orang-orang berkaitan dengan hasil karya kita, dan lain sebagainya.
  3. Setelah list diri negatif selesai kita buat, kemudian cari lawan katanya dan coret semua kata-kata di dalam list negatif kita. Fokuskan diri kita untuk sepenuhnya berada dalam lawan kata dari list negatif tersebut, agar kita dapat merasakan diri kita yang baru, yaitu diri positif

~ rujukan: https://www-quora-com.translate.goog/What-does-inner-game-mean?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc,sc

Leave your thought