Selalu Baik dan Sopan

01 Sep
0 comment

Selalu Baik dan Sopan; Setiap manusia pasti senang jika diperlakukan dengan baik dan sopan. Bahkan seorang penjahat sekalipun, mereka pasti senang untuk dihargai dan akan tersinggung apabila diperlakukan secara kasar dan tidak baik, pasti mereka tidak akan suka, karena memang setiap manusia secara naluri senang untuk dihargai. Tetapi ini tidak menjamin semua orang akan menyukai kita. Pasti ada saja orang yang tidak menyukai kita, meskipun kita sudah berusaha memperlakukan mereka secara baik dan sopan, karena memang tidak mungkin kita bisa memuaskan semua orang.

Biarkan hal itu terjadi apa adanya, jangan sampai membuat diri kita kecewa, dan kita enggan untuk selalu berbuat baik dan sopan kepada semua orang, karena memang Tuhan akan menguji manusia dengan manusia lain yang tidak menyukai, membenci, menzholimi, dan sebagainya. Tuhan ingin melihat bagaimana reaksi kita (apakah kita tetap mempertahankan karakter baik dan sopan kita, atau kita malah terpengaruh, membalas dendam, zalim, dan sebagainya).

Memang lebih mudah untuk diucapkan daripada dipraktekkan, tetapi itulah seninya hidup sebagai manusia yang mengaku hamba Tuhan, karena Tuhan sudah mengatakan bahwa kita jangan mengaku sebagai orang yang beriman kalau belum diuji. Karena memang itulah yang membedakan kita dengan orang munafik: lain di mulut lain di hati.

Ketika kita berhasil (selalu) memperlakukan setiap orang dengan baik dan sopan, maka Tuhan pun akan tersenyum bangga akan hamba-Nya yang mengerti bahwa dunia ini memang tempatnya ujian bagi orang-orang yang ‘mengaku’ beriman.

Oleh karena itu, teruslah berbuat baik dan sopan kepada siapa pun, meskipun orang tersebut pernah menyakiti atau mengecewakan kita. Karena seperti kata peribahasa: “Siapa yang menabur angin, akan menuai badai. Dia yang berbuat, maka dia pula yang akan menuai akibatnya.”

 

Tips-Tips agar kita bisa terus bersikap baik dan sopan kepada siapa pun:

  1. Jangan bersikap baik dan sopan hanya karena orang lain berbuat baik dan sopan kepada kita terlebih dahulu. Katakan kepada diri kita sendiri bahwa memang kita ini orang yang baik dan sopan (tanpa syarat).
  2. Jadikan sikap baik dan sopan ini sebagai kebiasaan kita setiap waktu. Karena biasanya ketika sudah menjadi kebiasaan, maka akan berubah menjadi karakter yang mendarah daging dan sulit untuk dihilangkan.
  3. Ingat, setiap sikap baik dan sopan kita kepada siapa saja akan kembali juga kepada diri kita, bahkan berlipat ganda. Karena Tuhan sendiri yang akan membalasnya (selama kita tidak berharap balasan dari manusia).
  4. Jadilah pendengar yang baik. Sebelum kalimat selesai, ajarkan untuk tidak memotong dan memikirkan kata-kata yang pantas atau tidak untuk diucapkan.

~ rujukan: https://voi.id/lifestyle/80851/8-sikap-sopan-santun-yang-perlu-diajarkan-pada-anak-sejak-kecil

Leave your thought