LELAH MENDIDIK ANAK

25 Aug
0 comment

LELAH MENDIDIK ANAK; Suatu ketika, ada orang tua yang mengatakan (sambil berkeluh kesah) bahwa mendidik anak itu membuat dirinya sangat lelah dan capek. Sulit bagi dirinya memiliki waktu untuk dirinya sendiri.

“Kapan saya bisa istirahat?” Keluhnya, karena anaknya itu ketika baru ditinggal sebentar saja sudah rewel dan membuat ulah.

Penulis pun bingung, kok ada orang tua yang sampai tega berkata demikian? Padahal banyak orang tua di luar sana tidak seberuntung mereka yang bisa memiliki keturunan, yang belum memiliki anak, yang sudah melakukan beragam macam upaya untuk dapat memiliki momongan namun hingga saat ini belum memilikinya. Sedangkan kita yang sudah diberikan amanah oleh Tuhan berupa anak, malah bilang lelah dan capek dalam mengurus mereka.

Bayangkan, kalau saja sampai malaikat mendengarkan keluh kesah kita ini, lalu disampaikan kepada Tuhan, kemudian Tuhan memerintahkan malaikatnya untuk mengabulkan keinginan kita, yaitu dengan mengambil paksa anak kita dari tangan kita karena orang tuanya sudah merasa tidak nyaman lagi dengan kehadiran anak yang merupakan titipan dari Tuhan Sang Maha Pencipta kepada para orang tua, karena sudah membuat diri kita lelah dan capek, kira-kira bagaimana yah perasaan kita pada saat itu?

Kadang sesuatu itu baru kita sesali ketika sudah tidak ada lagi di tangan kita, apalagi sesuatu itu direnggut dengan paksa. Mudah-mudahan kita bisa mengambil pelajaran dari sini. Memang (mungkin) kita lelah dan capek dalam mendidik anak-anak kita, tetapi akan jauh lebih lelah dan capek lagi perasaan kita, ditambah rasa sedih yang sangat dalam, ketika anak kita sudah tidak bisa bersama dengan kita lagi untuk selama-lamanya.

 

Tips-Tips agar kita terus bersemangat dalam mendidik anak-anak kita

  1. Niatkan mendidik anak sebagai ibadah kita kepada Tuhan, karena banyak orang di luar sana yang tidak seberuntung diri kita.
  2. Setiap lelah dan capek kita akan tergantikan dengan kebahagian yang tidak bisa dilukiskan oleh kata-kata apabila kita mudah untuk mensyukuri setiap lelah dan capek yang kita miliki dalam mendidik mereka.
  3. Tidak ada yang sia-sia jika kita melakukan sesuatu untuk anak-anak. Mereka sepertinya tidak memperhatikan kita, mengalihkan pandangan dan jarang berterima kasih, tapi apa yang kita lakukan untuk mereka tidak pernah sia-sia.
  4. Terus berupaya maksimal dalam mendidik mereka, karena tugas mendidik anak adalah tanggung jawab utama para orang tua yang diberikan amanah langsung oleh Sang Maha Pencipta, karena Tuhan tidak mungkin memberikan beban kepada orang tua yang tidak sanggup untuk ditanggungnya.
  5. Ketika kita lelah dalam mendidik anak, maka beristirahatlah. Jangan paksakan semuanya untuk (harus) selesai hari ini.

 

~ rujukan: https://www.bola.com/ragam/read/4443666/35-kata-kata-motivasi-mendidik-anak-penuh-kesabaran-dan-kerendahan-hati

Leave your thought