PERCAYA DIRI

17 Aug
0 comment

PERCAYA DIRI;

Percaya diri merupakan salah satu bahan bakar utama seseorang yang mendambakan kesuksesan di dalam kehidupannya. Mana ada orang yang sukses ketika dia tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi?

Seseorang bisa menjadi sukses karena dia sudah mengetahui sejak awal pada suatu saat nanti dia pasti bisa menjadi orang sukses. Dia sudah memiliki impian yang tertanam kuat di dalam benaknya versi sukses menurut dirinya yang seperti apa. Dengan kata lain, dia sudah mengetahui apa yang dia inginkan di dalam kehidupannya.

Oang sukses selalu melihat kehidupannya dengan kacamata optimisme, meskipun jalan yang ada di hadapannya adalah jalan yang berliku. Bahkan ketika badai masalah menerpa dirinya berulang kali, dia masih saja bisa mengatakan bahwa badai pasti berlalu, karena dia mengetahui harga yang perlu dia bayar atas kesuksesannya tersebut. Dia  sangat percaya diri dengan proses dalam menuju kesuksesannya, bahwa akan ada saja aral melintang yang menghadang, ada saja orang yang mencibirnya, ada saja orang yang merendahkannya, ada saja orang mengkhianatinya, sehingga dia sadar bahwa inilah perjalanan yang harus dia lalui menuju kesuksesannya.

Berbeda dengan orang yang tidak sukses, dia cepat sekali mengatakan sulit menjadi orang sukses, berat menjadi orang sukses. Pertanyaannya: mengapa dia harus menghitung berapa beratnya?

Padahal ketika kita membaca buku biografi orang sukses, pasti diawali dengan hidup yang tidak enak dan semuanya serba sulit. Akan tetapi karena mereka sudah terbiasa (ditempa) dengan berbagai macam masalah sejak dini, maka rasa percaya diri yang ada pada diri mereka tumbuh semakin kuat. Mereka semakin yakin kesuksesan yang mereka dambakan tinggal sejengkal lagi ada di hadapan mereka. Tugas kita hanya terus melangkah tanpa henti sampai tiba di tujuan yang kita inginkan.

 

Tips-tips agar kita percaya diri, percaya mimpi dan percaya proses

  1. Tanya kepada diri kita sendiri, seberapa penting arti kesuksesan menurut kita. Karena kalau kita tidak tahu, akan sulit bagi kita untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat.
  2. Tanya kepada diri kita, versi sukses menurut diri kita sendiri seperti apa, karena ini berkaitan langsung dengan impian yang kita inginkan di masa depan. Kalau kita tidak tahu versi sukses menurut kita sendiri, maka kita tidak pernah tahu kita sudah sampai di mana.
  3. Tanya kepada diri kita sendiri, apakah kita mau membayar harga dari sebuah kesuksesan, yaitu menjalani prosesnya sampai kita tiba pada tujuan sukses yang kita dambakan.
  4. Yang paling mengenal diri kita adalah diri kita sendiri. Maka bersikap dan bertindaklah versi terbaik kita, jangan terpengaruh penilaian orang lain.

~ rujukan: https://hellosehat.com/mental/mental-lainnya/melatih-otak-agar-percaya-diri/?amp=1

Leave your thought