BIASAKAN POLA HIDUP SEHAT

09 Aug
0 comment

BIASAKAN POLA HIDUP SEHAT; Keluarga adalah tempat di mana tumbuh-kembang seorang anak manusia dimulai. Apabila pola hidup sehat sudah kita tanamkan sejak awal di dalam lingkungan keluarga kita, maka akan membentuk keluarga yang bukan saja sehat secara fisik, tetapi juga sehat secara mental. Sebagaimana pepatah mengatakan: “Di balik tubuh yang sehat, ada jiwa/mental yang kuat”.

Pola hidup sehat memang harus menjadi menu utama dalam keseharian sebuah lingkungan keluarga, karena pola hidup apa pun kalau tidak dibiasakan, akan sulit menjadi sebuah kebiasaan yang normal untuk diterapkan. Maka orang tua sudah seharusnya menjadi panutan utama dalam menerapkan pola hidup sehat ini dalam lingkungan keluarga.

Pola hidup sehat bisa dimulai dari hal terkecil terlebih dahulu, yaitu membiasakan pola makan yang sehat, tidak sering untuk jajan di luar, juga merutinkan kebiasaan olahraga bersama seluruh anggota keluarga setiap pekannya. Yang penting pola hidup sehat ini kita usahakan untuk selalu dipraktekkan dalam lingkungan keluarga kita.

Jangan sampai kita terlambat menyadari pentingnya pola hidup sehat untuk dipraktekkan dalam lingkungan keluarga kita setelah banyak dari anggota keluarga kita yang sakit. Karena terkadang sesuatu yang baik itu baru kita sadari manfaatnya setelah kita kehilangan sesuatu, atau terkena musibah.

 

Tips-Tips menerapkan kebiasaan pola hidup sehat di dalam keluarga:

  1. Jadikan orang tua sebagai panutan (contoh konkret; langsung) dalam penerapan pola hidup sehat.
  2. Lakukan dari hal termudah terlebih dahulu seperti membiasakan diri (dan anak, serta pasangan kita) untuk tidak jajan di luar atau lebih tepatnya membawa bekal dari rumah; membiasakan untuk olahraga bersama dengan setiap anggota keluarga dengan jadwal yang sudah disepakati bersama.
  3. Jalankan poin pertama dan kedua ini secara rutin, sehingga membentuk kebiasaan baru yang sulit untuk dihilangkan.
  4. Sebaiknya mengawali jam tidur agar bisa lebih awal bangun di pagi hari. Pola tidur yang lebih sering tidur larut bahkan dini hari membuat metabolisme tubuh akan rusak dan tidak terkontrol. Karena hal ini juga dapat memicu penyakit jantung, stroke, dan menurunkan kekebalan tubuh.
  5. Pastikan keluarga kita melakukan aktivitas atau hobi yang disukai, baik dilakukan bersama keluarga, maupun sendiri-sendiri.
  6. Perbanyak minum beberapa gelas air putih (perhari), dan kurangi konsumsi makanan maupun minuman yang manis-manis secara signifikan.
  7. Melakukan yoga, meditasi, dzikir (atau sholat) selama sekitar setengah jam perhari dapat membuat sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi lancar, pun peredaran darah juga lancar.

 

~ rujukan: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5978035/bijaksana-dalam-memilih-pola-hidup-sehat-bagi-keluarga/amp

Leave your thought