DUKUNG IMPIAN ANAK

04 Aug
0 comment

DUKUNG IMPIAN ANAK; Setiap manusia pasti memiliki impian besar dalam kehidupannya, karena begitulah kodrat manusia: selalu ingin menjadi versi terbaik bagi dirinya, ingin menjadi sukses, ingin kehidupannya menjadi lebih baik dibandingkan saat ini. Semua itu merupakan naluri alami yang dimiliki oleh setiap manusia normal.

Begitu pun dengan anak-anak kita, dapat kita pastikan mereka pun memiliki impiannya masing-masing. Akan tetapi terkadang orang tua, tanpa kita sadari, kita juga lah penyebab terputusnya impian anak-anak kita. Kita meragukan impian anak kita. Kita memiliki impian yang berbeda dengan impian anak kita. Kita tidak terlalu peduli dengan impian anak kita. Akhirnya impian menjadi sekedar impian yang jauh dari jangkauan anak kita, membuat mereka meragukan impiannya sendiri, tidak lagi memiliki impian pribadinya, tidak peduli lagi dengan impiannya. Kitalah ‘penyabotase utama’ impian anak-anak kita yang dulu pernah memiliki impian besar bagi masa depan mereka.

Pertanyaannya, apakah kita tega merenggut impian mereka? Setiap impian yang dimiliki oleh anak-anak kita merupakan manifestasi dari keinginan Tuhan (yang diilhamkan) kepada mereka, bahwa anak-anak kita memiliki peran hidupnya masing-masing yang berbeda di dunia ini untuk saling melengkapi. Hanya melalui impian mereka itulah Tuhan menyampaikan keinginan-Nya kepada anak-anak kita, yaitu berupa tugas hidupnya (apa) yang harus mereka jalani dan perankan selama hidup di dunia, apabila mereka menginginkan kehidupan terbaiknya.

Kalau saja kita sebagai orang tua (justru) yang menghancurkan impian mereka, maka jangan salahkan anak-anak kita apabila mereka sampai mengubur dalam-dalam impiannya, karena sebagaimana peribahasa yang mengatakan: “Apa yang Kau tabur, itu yang Kau tuai”.

 

Tips-Tips bagi orang tua untuk membantu anak meraih impiannya

  1. Sadarilah bahwa setiap anak memiliki tugas hidupnya masing-masing yang harus mereka jalani (dari Tuhannya) melalui impian mereka masing-masing yang berbeda-beda.
  2. Luangkan waktu untuk berkomunikasi bersama anak sesering mungkin yang kita bisa, agar kita dapat segera menyadari apa yang sesungguhnya menjadi impian mereka.
  3. Setelah kita mengetahui apa yang menjadi impian mereka, dukunglah impian mereka dengan membabi buta (all out), agar anak-anak kita mengetahui bahwa orang tuanyalah pendukung sejati & utama mereka di kala suka maupun duka.
  4. Ajarkan anak untuk membuat rencana mengenai hal yang ingin mereka gapai. Bicarakan dengan anak tentang cita-cita mereka, apa yang mereka inginkan, kemudian berikan anak tujuan dalam jangka pendek untuk mencapai tujuan yang besar. Kalau mereka sudah terbiasa dan mampu meraih apa yang sudah mereka rencanakan dalam jangka pendek maupun dalam hal-hal kecil, maka itu artinya mereka sudah terlatih, dan siap untuk membuat rencana besar, dan dalam jangka panjang.

 

~ rujukan: https://www.halodoc.com/artikel/4-tips-memotivasi-anak-untuk-meraih-impiannya

Leave your thought