PENGALAMAN LEBIH DIHARGAI

25 Jul
0 comment

PENGALAMAN LEBIH DIHARGAI;

Mengapa orang yang banyak memiliki pengalaman lebih dihargai? Misalnya, orang yang sudah pernah bekerja lebih memiliki nilai jual di masyarakat dibandingkan orang yang minim pengalaman kerja atau belum pernah bekerja samasekali.

Karena orang yang banyak memiliki pengalaman kerja sudah membuktikan hasil kerjanya dibandingkan yang belum memiliki banyak pengalaman kerja. Hasil karyanya sudah banyak ‘berbicara’ tanpa harus dia banyak berkoar-koar mengenalkan siapa dirinya.

Kadang kita lupa akan hal tersebut. Yang lebih sering terjadi, kita lebih sibuk mengumpulkan sederet gelar akademis dibandingkan mempraktikkan ilmu yang kita sudah dapatkan dengan menceburkan diri menimba pengalaman, sehingga akhirnya masyarakat belum banyak yang merasakan kontribusi ataupun hasil karya kita. Bukan berarti saya menyalahkan orang yang mengumpulkan banyak gelar, akan tetapi alangkah baiknya apabila ilmu yang kita sudah miliki diselingi dengan banyaknya pengalaman kerja nyata, agar kita lebih cepat mengetahui apakah ilmu yang kita miliki ini bermanfaat atau tidak.

Dulu ketika gelar sarjana masih menjadi pilihan dan syarat untuk diterima kerja, Pendidikan dinilai sangat tinggi, dan berdasarkan Pendidikan kandidat pencari kerja dibedakan. Tetapi sekarang, semua itu sudah tidak terlalu dilihat oleh perusahaan. Pendidikan lebih mudah dicari dan ditempuh, dari belajar dan mendapat gelar sarjana secara online, sampai universitas di luar negeri yang membuka kampus capang di seluruh Asia, Sarjana menjadi sesuatu yang normal dan bukan pengecualian lagi.

Oleh karena itu, mari kita perbanyak pengalaman kerja yang dapat kita lakukan, sembari kita mencari ilmu yang kita butuhkan. Karena hanya pengalaman lah yang bisa mengajarkan kepada kita arti sebuah kearifan ilmu. Maka bergegaslah dalam menimba pengalaman, karena perjalanan seribu mil dimulai dari langkah pertama.

 

Tips-Tips agar kita semangat menimba pengalaman kerja

  1. Ketahuilah, orang lebih dihargai karena hasil karyanya dibandingkan sederet gelar akademisnya (di masyarakat).
  2. Hanya dengan pengalaman kerjalah, karya bisa dihasilkan… karena pengalaman kerja menuntut kerja nyata yang menghasilkan karya nyata.
  3. Maka mulai saat ini segera perbanyak pengalaman kerja kita agar kita segera memperbanyak kumpulan hasil karya kita yang bermanfaat bagi masyarakat. Karena karya nyata lebih ‘nyaring’ bunyinya dibandingkan sekedar gelar akademis semata.
  4. Sekarang ini, perusahaan mencari orang dengan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan tertentu –dan siapa yang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan bekerja dalam tim.
  5. Jangan khawatir jika kualifikasi akademis Anda lebih rendah dibanding kualifikasi akademis rekan kerja Anda. Pengalaman kerja dan sikap Anda lah yang lebih dihargai oleh perusahaan.

~ rujukan: https://www.jobstreet.co.id/career-resources/alasan-kenapa-pengalaman-lebih-berharga-daripada-gelar-sarjana-anda/

Leave your thought