SEMUA MEMBUTUHKAN WAKTU

18 Jul
0 comment

SEMUA MEMBUTUHKAN WAKTU; Ketergesa-gesaan adalah musuh utama manusia untuk dapat meraih segala impiannya. Kadang kita tidak memiliki cukup kesabaran dalam menjalani proses untuk meraih impian. Kita inginnya melakukan segala sesuatunya dengan serba cepat –kalau bisa cepat, mengapa harus lama?

Akan tetapi kalau kita tidak bijak menyikapi kalimat ini, kita akan terjebak dengan sikap tergesa-gesa, karena kita berharap mendapatkan hasilnya dalam waktu yang singkat. Bahkan kita berpikir kalau sampai kita meraih impian dalam waktu yang lama, kita dianggap kurang cerdas. Sehingga dengan pola pikir yang seperti itu, banyak dari kita menolak untuk bekerja dalam waktu yang lama. Karena kita menganggap hanya orang bodoh saja yang mau melakukan sesuatunya dalam waktu yang panjang, sehingga tanpa kita sadari kita melewati proses yang semestinya.

Sesuatu yang hebat pasti membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk dapat meraihnya. Di sinilah kita diuji ketahanan kita, apakah kita cukup sabar untuk menjalani prosesnya atau tidak. Karena kadang orang yang sudah menjalani proses panjang saja belum tentu hasilnya sesuai dengan yang mereka harapkan, apalagi orang yang selalu ingin meraih sesuatunya dalam waktu yang singkat. Akhirnya hasilnya pun tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan, karena hasil selalu berimbang dengan proses, tidak pernah sebaliknya.

Tetapi memang bawaan alami manusia selalu ingin meraih segala sesuatunya dengan serba cepat, sehingga membuat kita lupa akan proses yang harus kita lalui. Akhirnya kehidupan kita selalu dalam keadaan tergesa-gesa, padahal semua membutuhkan waktu yang semestinya untuk dilalui.

 

Tips-Tips agar kita mau menjalani prosesnya

  1. Sadarilah, sesuatu yang hebat pasti membutuhkan waktu untuk dapat meraihnya, karena hasil tidak dapat membohongi prosesnya.
  2. Kesabaran kita berbanding lurus dengan hasil yang akan kita dapatkan. Semakin sabar kita menjalani prosesnya, semakin mengejutkan hasil yang akan kita dapatkan.
  3. Jangan dengarkan perkataan orang lain yang menginginkan kita tidak melewati proses yang semestinya untuk meraih hasil, karena belum tentu juga mereka peduli dengan keberhasilan kita di masa depan. Yang mengetahui jalan yang tepat untuk meraih impian kita adalah kita sendiri, karena kita yang menjalani prosesnya, bukan mereka.
  4. Jauhi sikap tergesa-gesa (yang sebenarnya memang dilarang oleh Allah, Tuhan yang menciptakan manusia). Terapkan hal ini pada kebiasan sehari-hari kita dalam menjalankan urusan.
  5. Orang yang mengawali tindakan mereka dengan tergesa-gesa, biasanya akan menemui ‘cacat’ di hasil akhirnya. Akibat sikap yang tergesa-gesa pula, banyak orang yang menginginkan sesuatu sebelum waktunya tiba, yaitu dengan melakukan cara-cara yang instan dan salah.

 

~ referensi: https://www.ketiknews.id/life-style/pr-3012890447/jangan-tergesa-gesa-dalam-mengambil-tindakan-ini-dampaknya-menurut-al-quran

Leave your thought