Mendidik Sesuai Zaman

24 Apr
0 comment

Mendidik Sesuai Zaman; Setiap anak yang lahir di dunia ini pasti memiliki peran yang harus mereka jalani di dalam kehidupannya.

Kita sebagai orang tua harus peka terhadap peran apa yang anak-anaknya harus jalani sesuai dengan potensi yang mereka miliki, karena memang setiap zaman di mana anak-anak kita dilahirkan pasti berbeda keadaan dan tantangannya, tetapi yang tidak akan pernah berubah adalah di setiap zaman, anak diharapkan memiliki karakter yang baik, dan setiap anak harus mengasah potensi yang pasti mereka miliki berupa bakat dan minat mereka.

Karakter di sini kita tidak berbicara hanya sekedar tata krama semata, tetapi setiap anak juga harus memiliki mental yang kuat dalam menghadapi setiap tantangan yang ada di depan mereka. Dan potensi berupa bakat dan minat mereka pun jangan kita lupakan karena perlu diasah, disesuaikan dengan zaman di mana mereka dilahirkan. Jadi keduanya harus menjadi prioritas bagi kedua orang tuanya, karena apabila hal ini terlewati, maka kita sedang menyia-nyiakan seluruh potensi kemanusian yang anak-anak kita miliki yang merupakan pemberian Tuhan kepada mereka.

Meskipun zaman ini adalah eranya digital, tetapi tetap kedua hal ini merupakan bagian dari jati diri mereka yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Apa pun jenis eranya di mana anak-anak kita dilahirkan, kita hanya harus menyesuaikannya dengan zaman di mana anak kita dilahirkan. Bukannya kita memaksa anak kita melakukan peran apa pun yang penting sesuai dengan zamannya, tetapi peran apa yang sudah mereka miliki, peran yang merupakan pemberian dari Tuhannya, dan kita sebagai orang tua wajib membantu anak untuk mengoptimalkannya agar apa pun zamannya pada saat anak-anak kita dilahirkan, mereka bukan sekedar bisa bertahan hidup, tetapi mereka juga mampu mengoptimalkan seluruh potensi yang mereka miliki bagi kebermanfaatan sebanyak-banyaknya umat manusia.

Tips-Tips mengoptimalkan keseluruhan potensi kemanusian anak-anak diera digital ini

  1. Kita sebagai orang tua harus menjadi panutan bagi anak dalam perilaku yang benar itu diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari agar anak dengan mudah melihat contoh perilaku yang benar itu seperti apa, dan akhirnya mudah mereka tiru dalam kehidupan mereka.
  2. Tuhan menciptakan setiap manusia dengan tugas hidupnya yang berbeda-beda agar manusia dapat berkolaborasi satu dengan yang lainnya, menciptakan keadaan dunia yang lebih harmonis. Di sinilah pentingnya kita menjalani perintah Tuhan untuk saling bersilaturahmi dan bekerjasama.
  3. Bekali anak dengan keahlian yang akan mereka butuhkan kelak ketika mereka sudah terjun ke masyarakat.
  4. Akhirnya setelah kita menyadari betapa pentingnya kita memahami poin satu dan dua di atas, maka kita sebagai orang tua lebih mengetahui tanggung jawab kita sebenarnya kepada anak-anak kita, yaitu mengantarkan mereka kepada masa depan terbaik yang mereka miliki, apa pun zamannya. Karena zaman boleh berubah, teknologi boleh berubah, tetapi tugas manusia di muka bumi tidak akan pernah berubah, yaitu menjadi manusia yang paling bermanfaat bagi sesama, karena ini merupakan kepatuhan kita dalam menjalani peran kita sebagai manusia di muka bumi ini.

( sumber: https://portaljogja.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-25952757/mendidik-anak-menurut-ali-bin-abi-thalib-ajari-anak-sesuai-zamannya?_gl=1%2Ats0qpk%2A_ga%2AOGxmR0g1SUpDT1FORXMtNEJUeHhVckxSNXl2elJha1dhUDJiWi0zZjNOX1Q1S01BYXZqNlJ4b0hXYU5TUF9lUw..&page=2 )

Leave your thought