MASA REMAJA

10 Apr
0 comment

MASA REMAJA; Masa remaja adalah masa yang paling indah, masa di mana kesempatan begitu memihak kita. Seorang bijak berkata, “Manfaatkanlah masa mudamu sebelum datang masa tuamu!”

Masa remaja adalah masa di mana kita bisa memanfaatkan seluruh waktu yang kita miliki untuk melakukan semua hal yang kita inginkan, hingga kelak hadir masa tua kita, kemudian maut pun menjemput. Akan tetapi waktu pun tidak terasa datang maupun perginya apabila kita tidak mau menyibukkan diri untuk memikirkannya.

Kadang masa muda membuat kita terlena, karena kita merasa seperti memiliki segala kesempatan yang ada di dunia ini hingga akhirnya waktulah yang akan menjadi ‘wasit’ kehidupan kita: apakah kita berakhir sebagai pecundang, atau pemenang ~yaitu dengan karya maupun prestasi yang kita miliki.

Itulah kehidupan masa remaja, masa yang paling indah, atau malah sebagai pangkal dari masa nestapa kehidupan kita di masa depan. Karena waktu adalah wasit paling adil yang pernah ada di muka bumi ini, tidak akan pernah memihak kepada salah satu peserta kehidupan. Jadi, tentukan arah masa muda kita saat ini sebelum waktu yang akan memaksa kita untuk menentukannya, padahal kita sudah sangat mendekat kepada garis akhir kehidupan kita, dan kita pun takkan pernah memiliki lagi kesempatan untuk ‘protes’ dengan hasil akhirnya.

Tips-Tips dalam menentukan jati diri masa remaja kita

  1. Ingatlah, waktu adalah wasit yang paling adil di muka bumi ini, jadi bertemanlah dengannya, mengisinya dengan prestasi dan karya hingga waktu pun berpihak kepada kita.
  2. Tentukan prestasi dan karya apa yang ingin kita persembahkan kepada sang pemilik waktu, yaitu Tuhan, agar Tuhan pun memerintahkan sang waktu untuk memihak diri kita.
  3. Demi masa, sungguh manusia dalam kerugian bagi yang tidak mau melakukan kebajikan di muka bumi ini, hingga akhirnya kita pun dikembalikan kepada-Nya untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatan yang pernah kita lakukan.
  4. Pergaulan remaja masa kini kerap dikaitkan dengan kenakalan remaja, seperti berkelahi, tawuran, seks bebas, atau bahkan penggunaan obat-obatan terlarang. Jadi, pastikan Anda memberi batasan dan pengawasan yang tepat pada anak. Arahkan ia pada pergaulan dan kegiatan positif sehingga tidak salah melangkah.
  5. Setelah ‘matang’, anak mulai bisa mengendalikan dorongan emosionalyang muncul, merencanakan masa depan, dan memikirkan konsekuensi yang akan ia hadapi jika melakukan perbuatan yang tidak baik.Ia juga mulai memahami apa yang diinginkannya dan bisa mengatur diri sendiri, tanpa mengikuti kehendak orang lain. Kestabilan emosi dan kemandirian ini umumnya didapatkan oleh anak pada masa remaja akhir.

( sumber: https://www.sehatq.com/artikel/memahami-pengertian-remaja-dan-tahap-perkembangannya )

Leave your thought