MENCARI SEKOLAH UNGGULAN

04 Apr
0 comment

MENCARI SEKOLAH UNGGULAN;

Mungkin kita berasumsi bahwa yang disebut dengan sekolah unggulan adalah sekolah yang gedungnya besar, fasilitasnya lengkap, nilai akademis sebagai barometer kesuksesan pendidikan anak-anak didiknya; benarkah sekolah unggulan harus seperti itu?

Bagaimana dengan karakter anak-anak didik mereka? Bagaimana dengan kebermanfaatan atau kontribusi yang bisa anak-anak didik mereka berikan bagi masyarakat di masa depan? Masih banyak anak yang belum bisa menjawab tantangan kehidupan nyata yang ada di depan mereka. Ketika mereka ditanya, apa yang menjadi cita-cita mereka, tujuan hidup mereka –masih bingung. Apalagi kalau ditanya karya dan kontribusi mereka bagi masyarakat, makin bingung lagi mereka. Akhirnya mereka hanya mengandalkan nilai ijazahnya untuk bertahan hidup di masyarakat. Nah, apakah itu semua cukup menjawab tantangan kehidupan mereka di masa depan?

Paradigma sekolah ‘unggulan’ hanya dari gedungnya, fasilitasnya, nilai akademisnya semata, maka tunggulah ‘kejutan’ dari anak-anak kita di masa depan. Mereka akan sulit mendapatkan masa depan yang baik karena mereka tidak siap untuk memberikan kontribusi dan karya terbaik mereka bagi masyarakat.

Di agama pun dikatakan, jadilah manusia yang paling bermanfaat bagi sesama. Tetapi bagaimana bisa menjadi manusia yang paling bermanfaat kalau kita tidak paham apa yang bisa menjadi kontribusi dan karya untuk sesama? Maka tak heran kalau kasus korupsi di tanah air kita tercinta ini masih saja tinggi jumlahnya, karena korupsi bisa terjadi apabila anak-anak kita tidak tahu bagaimana caranya memiliki karakter yang baik, dan tidak tahu manfaat diri mereka bagi masa depan bangsa.

Jadikanlah ini sebagai bahan renungan kita bersama, karena masa depan anak-anak kita tergantung dari seberapa seriusnya kita sebagai orang tua mempersiapkan anak-anaknya dalam menjemput masa depan yang ada di hadapan mereka.

Tips-Tips dalam memilih sekolah unggulan

  1. Pilih sekolah yang lebih peduli mengenai karakter dan cita-cita anak didiknya dibandingkan predikat mereka sebagai “sekolah unggulan”.
  2. Pilih sekolah yang para pendidiknya berusaha dengan serius untuk selalu menjadi suri tauladan terbaik bagi anak-anak didiknya.
  3. Gedung sekolah dan fasilitas sekolah lainnya hanyalah sekumpulan benda mati yang tidak dapat menjamin masa depan anak-anak kita, apabila para pendidiknya tidak peduli dengan masa depan anak-anak didiknya.
  4. Pendidikan agama yang diterapkan oleh suatu sekolah hendaknya menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting. Melalui pendidikan agama yang baik dan benar, diharapkan para peserta didik akan memiliki kesadaran dan pemahaman yang benar mengenai tugas, peran dan tanggung jawabnya sebagai hamba Tuhan, sebagai anak, sebagai siswa dan sebagai anggota masyarakat. Dalam implementasinya, anak mampu menghargai orang lain dengan segala perbedaan serta mampu memilah dan memilih kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat.

( sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/10/081159771/orangtua-simak-8-kiat-memilih-sekolah-ideal-untuk-anak?page=3 )

Leave your thought