KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK

16 Mar
0 comment

KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK; Setiap anak pada dasarnya memiliki kemampuan interpersonal yang baik, terlebih kalau kita sebagai orang tua mau menemani tumbuh kembang anak-anak. Namun apabila karena alasan kesibukan kita menyerahkan tanggung jawab ini kepada orang lain, sulit bagi anak kita memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

Kecerdasan interpersonal memiliki beberapa kunci elemen penting, meliputi kefasihan bahasa verbal dan keterampilan dalam percakapan; pengetahuan tentang peran sosial dan aturan; keterampilan mendengarkan secara efektif; memahami apa yang membuat orang lain tertarik; keefektifan sosial atau bagaimana cara agar percaya diri secara sosial dan efektif di dalam lingkungan; dan mawas diri.

Kemampuan interpersonal anak itu harus kita perhatikan sejak usia mereka masih kecil, melalui cara kita sebagai orang tua memperkenalkan anak-anak kita kepada lingkungan sosial yang mereka senangi, yaitu lingkungan yang berisi anak-anak yang memiliki kesamaan minat. Karena cara meningkatkan kemampuan interpersonal anak kita dapat diawali dengan mengumpulkan anak-anak kita dengan anak-anak lain yang memiliki kesamaan minat. Maka dengan sendirinya anak akan mengasah kemampuan interpersonalnya dengan cara yang lebih menyenangkan, yakni berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kesamaan karakter.

Sudah merupakan kodrat manusia senang berkumpul dengan manusia lain yang memiliki kemiripan dengan dirinya. Begitu pun dengan anak-anak kita, dan ini merupakan langkah awal bagi anak dalam mengasah kemampuan interpersonalnya, karena anak menemukan lingkungan positif dimana mereka dapat menjadi versi diri sejati terbaik yang mereka miliki.

Ajarkan sang anak untuk percaya diri dan tidak takut pada lingkungannya. Hal itu dapat meningkatkan kecerdasan interpersonalnya. Biarkan dirinya menyelesaikan masalahnya sendiri, jangan terlalu sering membantunya. Namun, selalu arahkan dan amati sang anak saat bersosialisasi dengan teman-teman dan lingkungannya.

Tips-Tips agar anak bisa cepat terasah kemampuan interpersonalnya

  1. Temani anak dalam menjalani tumbuh kembang mereka.
  2. Perkenalkan anak ke dalam lingkungan yang memiliki kemiripan karakter dengan anak-anak kita, agar mereka merasa nyaman bersosialisasi di dalamnya.
  3. Kemampuan sosial anak dapat meningkat dengan sendirinya, apabila anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan semua itu dapat diawali ketika mereka menemukan lingkungan yang dapat menghargai diri mereka.
  4. Anak Anda membutuhkan kesempatan untuk menunjukkan keterampilan sosialnya, jadi jangan selalu berusaha untuk menjadi juru bicaranya. Jika sang anak merasa gugup saat berbicara dengan orang lain, maka siapkan langkah-langkah kecil untuk membangun kepercayaan dirinya. Misalnya dengan memintanya untuk mengatakan ‘Permisi’ kepada petugas toko mainan, dan biarkan dia bertanya langsung pada petugas tentang mainan yang ia inginkan.

( sumber: https://www.alodokter.com/cari-tahu-tentang-kecerdasan-interpersonal-pada-anak-di-sini )

Leave your thought