BERPASANG PASANGAN

09 Mar
0 comment

BERPASANG PASANGAN; Kejadian di muka bumi selalu berpasang-pasangan: ada duka ada suka, ada panas ada hujan, ada kaya ada miskin, ada pintar ada bodoh, dan seterusnya –selalu berpasang pasangan.

Mengapa Tuhan menciptakan setiap kejadian selalu berpasang-pasangan? Mari kita bahas. Menurut pendapat penulis, Tuhan mengingatkan kepada kita bahwa dunia ini hanya tipuan semata, agar kita ketika menjalani kehidupan ini tidak gampang baper apabila mengalami kejadian yang tidak menyenangkan hati kita. Oleh karena itu Tuhan selalu mempergilirkannya.

Tetapi mengapa manusia kadang merasa kehidupannya tidak adil, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan? Karena kita belum sadar bahwa kehidupan di dunia ini adalah untuk menguji manusia: sampai di mana tingkat keimanan kita dalam menghadapi setiap ujian yang datang, apakah kita tetap memuji Tuhan, mendekat, atau malah menjauhi-Nya?

Di sinilah pentingnya kita mempelajari agama untuk paham (bukan sekedar hafal), karena apabila kita tidak memiliki pemahaman mengapa kehidupan akan seperti itu, kadang kita suka ‘mati gaya’, bingung mau ngapain. Akhirnya menyalahkan orang lain, menyalahkan nasib, menyalahkan kebodohan diri sendiri. Padahal kalau kita mengetahui bahwa setiap kejadian di muka bumi ini selalu berpasangan, maka kita akan selalu tenang menghadapi setiap kejadian yang hadir di dalam kehidupan kita, karena semuanya pasti akan selalu ada gilirannya. Dan ada pembelajaran yang bisa kita petik dalam setiap kejadian, baik itu yang kita inginkan maupun tidak, agar manusia tidak sombong apabila merasa semuanya sesuai dengan yang diinginkannya, dan tidak ‘mati gaya’ apabila tidak sesuai dengan apa yang diinginkannya, karena semuanya pada akhirnya hanya semata kehendak dari Tuhan Yang Mahakuasa.

 

Tips-Tips agar kita menyadari bahwa kehidupan didunia ini selalu berpasang-pasangan:

  1. Paksa diri kita konsisten mempelajari agama dengan sungguh-sungguh untuk paham. Karena tanpa memahaminya, sulit bagi kita mengetahui cara menjalani kehidupan ini yang sesuai dengan keinginan Tuhan Sang Maha Pencipta.
  2. Setiap kejadian yang hadir di dalam kehidupan ini selalu memiliki pesan yang dapat kita petik apabila kita mau tenang memikirkannya. Namun dengan catatan, kita bisa tenang apabila kita memahami agama karena hanya agamalah yang membuat kita mampu berpikir dengan tenang.
  3. Apabila kita selalu menyadari bahwa setiap kejadian di muka bumi ini berpasang-pasangan, maka kita akan cepat move on dalam setiap kejadian yang hadir di dalam kehidupan kita, jadi tak perlu ‘mati gaya’ yang menyebabkan rusaknya kehidupan kita.
  4. Tuhan mempergilirikan segala sesuatu, sebagaimana firman-Nya: “Engkau masukkan malamke dalam siang, dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab.” Maka bagaimana pun keadaan kita saat ini, selalu bersyukur dan optimislah.

( sumber: https://masyono.staff.ugm.ac.id/2018/04/17/konsep-berpasangan-dalam-islam-dan-pendidikan-anak-oleh-maryono/ )

Leave your thought