Agar Selalu Bahagia

07 Jan
0 comment

Agar Selalu Bahagia; Bahagia merupakan suatu perasaan yang didambakan setiap orang dalam hidupnya. Sebab, jika kita bisa menjalani hidup dengan bahagia, pasti kehidupan pun akan menyenangkan dan lebih bermakna.

Lalu, apa sajakah yang membuat kita bahagia? Banyak orang mempunyai ‘syarat’ tertentu agar bisa bahagia. Apa sajakah itu? Mari kita sebutkan satu persatu.

  1. Kalau mempunyai uang atau saldo rekening yang banyak.
  2. Kalau mempunyai kekasih, istri, atau suami yang rupawan.
  3. Kalau pasangan kita menyenangkan hati kita.
  4. Kalau sudah berhasil memiliki barang, benda, atau sesuatu yang kita inginkan.
  5. Kalau anak-anak kita berhasil menjadi orang yang sukses.
  6. Dan lain-lain. (isi sendiri, hehe)

Jadi banyak syarat untuk bisa bahagia yah? Padahal bukankah kita semua tahu bahwa hidup di dunia ini dibatasi oleh waktu. Nah, sudah tahu seperti itu, kita masih saja menjalani hidup ini dengan tidak bahagia. Rugi sekali bukan? Itulah mengapa banyak orang yang hidupnya tidak bahagia; atau merasa stress, karena rasa stress itu disebabkan kita terlalu banyak memberi syarat bagi kebahagian kita.

Seperti yang kita ketahui bersama, stress adalah sumber utama penyakit yang menghinggapi diri kita. Karena stresslah kita terkena penyakit darah tinggi, karena stresslah kita terkena penyakit jantung, karena stresslah daya tahan tubuh kita menurun hingga kita mudah sekali terkena penyakit-penyakit fisik lainnya.

Stress berawal dari rasa tidak bahagia, di mana kita tidak dapat menerima dengan baik kejadian yang kurang menyenangkan yang menghampiri kehidupan kita. Padahal itu semua sudah di luar kendali diri kita. Karena kita memiliki banyak syarat untuk bahagia, maka kitalah yang secara tidak sadar mengundang rasa stress dalam hidup kita. Betapa bodohnya diri kita –sudah tahu hidup hanya sementara, tetapi kita masih saja mempertahankan syarat-syarat untuk bisa bahagia.

Tips-Tips untuk selalu bahagia

  1. Miliki rasa bahagia itu sekarang juga.
  2. Paksa diri untuk bahagia dalam segala keadaan, baik buruk maupun tidak, karena untuk menjadi bahagia adalah hak kita.
  3. Lakukan meditasi rutin. Meditasi (yang dalam agama Islam merupakan ibadah: sholat, dzikir, doa) dapat mengubah otak sepenuhnya. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa meditasi harian sebenarnya dapat meningkatkan kebahagiaan berkat adanya neuroplastisitas.
  4. Jangan sampai kebahagian kita tergantung faktor di luar diri kita, karena itu yang menyebabkan kita tak pernah bisa bahagia. Jadi, bahagialah saat ini juga!

( sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/16/143017120/5-tips-sederhana-agar-hidup-lebih-bahagia?page=all )

Leave your thought