Memetakan Hidup Kita

30 Dec
0 comment

Memetakan Hidup Kita; Apakah kita sudah merasa cukup puas dengan kehidupan kita saat ini? Banyak orang yang menganggap bahwa kehidupan itu hanya perlu dijalani saja, mengalir saja, ikuti saja kemana kehidupan membawa kita. Tetapi apakah pernyataan itu benar adanya?

Banyak orang yang sampai usia dewasanya masih saja bingung dengan diri mereka sendiri. Mereka bingung dengan prestasi mereka sendiri, mereka bingung dengan kontribusi mereka sendiri, sampai-sampai mereka pun bingung dengan kehidupan mereka sendiri yang tidak jelas arahnya. Hal ini juga pernah penulis alami, bingung dengan diri sendiri, apa yang ingin penulis lakukan di dalam hidup ini, apa yang ingin dikejar, apa yang membuat penulis bahagia dengan kehidupan ini. Karena memang sejak kecil penulis tidak pernah diajarkan pentingnya menentukan arah yang jelas di dalam kehidupan ini.

Yang penulis tahu adalah bahwa kehidupan ini hanya perlu dilakoni saja, tidak perlu dipikirkan. Sampai suatu saat penulis merasakan kehampaan di dalam kehidupan ini.  Tidak memiliki arah yang jelas di dalam hidup ini, sama saja seperti apa pun yang kita lakukan tidak akan membawa kita kemana-mana, apalagi sampai  memiliki prestasi di dalam kehidupan ini.

Pertanyaannya, apakah kita pernah memikirkan ini semua? Kalau kita sama sekali belum pernah memikirkannya, maka wajar kehidupan kita tidak pernah meraih prestasi, karena prestasi memang menuntut kita untuk melakukan persiapan-persiapan agar kita dapat memetakan langkah-langkah apa yang harus kita ambil, supaya kehidupan ini  memiliki makna yang berarti, yaitu berprestasi dengan karya yang bermanfaat bagi sesama.

Tips-Tips dalam memetakan kehidupan kita

  1. Pikirkan kehidupan seperti apa yang kita inginkan di dunia ini.
  2. Tentukan tujuan yang jelas agar kita dapat memiliki kehidupan yang seperti kita inginkan.
  3. Tentukan langkah-langkah apa yang harus kita ambil, agar kita dapat meraih tujuan yang kita inginkan.
  4. Dalam merencanakan suatu hal, tentu dibutuhkan strategi yang baik untuk mencapainya. Mulai dari langkah kecil, sampai langkah besar yang akan dilakukan. Seringkali strategi yang kurang jelas menghambat kita dalam merencanakan tujuan yang diimpikan, yang pada akhirnya dapat membuat kita menjadi seperti kurang termotivasi. Akibatnya, tujuan hidup kita akan berakhir sebatas ‘wacana’ saja.
  5. Dan yang terpenting adalah meninggalkan hal-hal yang tidak penting, lakukan hal-hal yang memang penting dan merupakan alur dari rencana (peta) hidup kita. Buatlah kebiasaan baru yang berorientasi tujuan, manfaat dan keberkahan hidup.

( sumber: https://satupersen.net/blog/tujuan-hidup-memahami-dan-merencanakannya )

Leave your thought