Filosofi Air

06 Sep
0 comment

Filosofi Air; Filosofi air yang dimaksud di sini adalah: hidup mengikuti ke mana air itu mengalir. Hal itu seperti manusia yang hidupnya tidak memiliki tujuan –terserah kehidupan itu mau mengantarkannya kemana, yang penting saya sudah menjalani kehidupan ini, tidak penting apakah kehidupan kita ini memberikan manfaat atau tidak, yang penting kita hidup seperti air, mengalir saja.
Banyak orang yang tanpa mereka sadari kehidupannya sudah seperti filosofi air, karena merea tidak menyadari bahwa manusia diberikan kesempatan hidup itu bukan sekedar memenuhi keinginan nafsu perut dan syahwat semata (yang penting perut kenyang dan bisa beranak pinak), tetapi manusia lahir di muka bumi ini memiliki tujuan yang jauh lebih besar, yaitu memberikan sebesar-besarnya manfaat kepada sesama dengan potensi yang kita miliki.
Seandainya kita hidup hanya untuk diri kita sendiri tanpa memikirkan orang lain, bisa dipastikan kehidupan kita ini takkan memiliki dampak bagi masa depan kita. Karena penulis tidak pernah melihat satu contoh pun orang sukses yang tidak pernah memikirkan kebaikan untuk orang lain. Pasti mereka selalu memikirkan bagaimana caranya agar produk atau jasa mereka itu dapat berdampak positif bagi kehidupan orang banyak. Dan akhirnya mereka pun menjadi orang yang sangat sukses dalam kehidupannya.
Tetapi kalau kita masih saja memiliki filosofi air “mengalir saja, yang penting aku aman, tak peduli urusan orang”, maka bisa dipastikan kehidupan ini tidak akan membawa kita kemana-mana, apalagi sukses.
Tips-Tips agar hidup tidak seperti air yang mengalir entah kemana
Sadarilah hidup itu dibatasi oleh waktu, karena setiap manusia pasti akan mati. Oleh karena itu, apakah kita masih tidak serius untuk memiliki tujuan hidup?
Tujuan hidup yang paling hakiki adalah hidup yang bermanfaat bagi kehidupan sesama, bukan kita hidup hanya untuk memikirkan urusan diri sendiri yang penting aman, namun tanpa perencanaan. Karena kalau seperti itu, apa bedanya kita manusia yang sudah diberikan akal dan pikiran, dengan mahluk Tuhan yang lain seperti binatang, yang hidupnya hanya mengalir saja?
Pastikan kita mengetahui kebermanfaatan hidup kita untuk sesama sesuai dengan potensi yang kita miliki berupa bakat dan minat kita. Karena dengan mengetahui hal itu, maka bisa dipastikan kita mengetahui apa fungsi hidup kita sebenarnya di dunia ini, yaitu menjadi manusia yang paling bermanfaat untuk sesama.

( sumber: http://newglobalciptaresik.blogspot.com/2015/03/jangan-jadikan-hidupmu-seperti-air-yang.html )

Leave your thought