Santun Kepada Keluarga

19 Aug
0 comment

Santun Kepada Keluarga; Kadang, dalam keseharian, kita lebih bersikap santun kepada orang lain dibandingkan dengan keluarga kita sendiri. Karena secara tidak sadar kita merasa bahwa bersikap santun kepada keluarga kita sendiri itu tidak penting. Mungkin kita pikir keluarga sudah dapat menerima diri kita apa adanya, sedangkan orang lain belum mengenal kita dengan baik.

Ketika kita berhadapan dengan orang lain, kita seperti memakai topeng. Kita tidak memperlihatkan diri kita sebenarnya, karena kita takut penilaian dari orang lain akan buruk mengenai diri kita kalau mereka melihat versi asli kepribadian kita. Seharusnya kita mampu bersikap santun kepada siapa saja, baik kepada orang lain maupun kepada keluarga kita, karena memang kita adalah orang yang santun, bukan karena kita takut penilaian orang lain kepada pribadi kita. Apalagi kepada keluarga kita sendiri, tentu kita harus menunjukkan diri terbaik kita kepada mereka, karena mereka sudah membersamai diri kita sejak lama, menemani kita saat suka maupun duka.

Sungguh tidak adil kalau kepada orang lain kita lebih berhati-hati dalam bersikap, namun kepada keluarga sendiri malah tidak menunjukkan rasa hormat kita yang besar. Nabi pernah menyampaikan bahwa salah satu ciri manusia terbaik adalah orang yang paling baik kepada keluarganya. Pertanyaannya, apakah kita tidak ingin disebut salah satu ciri manusia yang terbaik itu? Maka jadilah orang yang terbaik bagi keluarganya agar kita bisa disebut salah satu ciri manusia terbaik itu. Karena di balik orang yang sukses itu tentu ada keluarga terbaik yang mendukungnya.

Berikut adalah hal yang wajib diperhatikan agar kita menjadi orang yang baik dan santun kepada keluarga:

  1. Sadarilah, menurut agama, salah satu ciri manusia terbaik adalah manusia yang paling baik kepada keluargannya. Tunjukkan kepada keluarga kita bahwa kita bangga menjadi bagian dari keluarga ini dengan cara menunjukkan akhlak terbaik kita, karena keluarga lebih membutuhkan akhlak kita dibandingkan kata-kata kita.
  2. Sadarilah bahwa bersikap santun kepada keluarga itu lebih penting daripada sikap kita kepada siapa pun juga, namun bukan berarti sikap kita kepada orang lain itu jelek. Maksudnya adalah, kalau kita memiliki sikap yang santun kepada orang lain, apalagi kepada keluarga sendiri. Tentu kita harus menunjukkan sikap kita yang paling santun.
  3. Selama ini kita lebih banyak menghabiskan waktu kehidupan kita dengan keluarga. Merekalah yang lebih mengerti siapa diri kita sebenarnya. Merekalah yang ada di sisi kita, baik dalam keadaan suka maupun duka. Jadi, dengan keadaan seperti itu kira-kira seharusnya bagaimana cara kita bersikap?
  4. Perilaku sopan santun yang terjaga dan selalu dipraktikkan dalam kehidupan keluarga akan semakin terasa damai, tentram, dan bahagia.

( Sumber: https://www.rijal09.com/2020/08/17%20Contoh-Sikap-Sopan-Santun-di-Keluarga-Sekolah-dan-Masyarakat.html )

Leave your thought