Agar Anak Suka Memberi

15 Jul
0 comment

Agar Anak Suka Memberi; Pernahkah Anda mengajarkan sikap suka memberi kepada anak-anak? Sikap yang baik kalau tidak diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini akan menjadi sulit kalau mereka memulainya ketika mereka sudah dewasa. Sikap yang baik harus menjadi sebuah kebiasaan yang diulang-ulang agar menjadi karakter mereka.

Begitu juga dengan sikap suka memberi, kalau sikap suka memberi ini tidak menjadi bagian di dalam karakter diri anak, maka mereka tidak merasa bahwa suka memberi kepada sesama adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Padahal kita ketahui bersama betapa besarnya manfaat kalau kita suka memberi kepada sesama, apalagi kepada orang yang sangat membutuhkan. Betapa besar pengaruhnya bagi kehidupan orang yang membutuhkannya.

Kadang kita lupa akan hal itu meskipun yang kita berikan hanya sedikit, namun bisa jadi itu akan berdampak luar biasa bagi orang lain di dalam kehidupannya. Dan dengan memiliki sifat suka memberi, tentu orang-orang akan suka dengan perilaku kita. Tidak hanya dengan uang, memeberi juga bisa dengan tenaga kita, keahlian kita, kepedulian kita kepada sesama, bahkan hanya dengan sebuah senyuman terbaik yang kita miliki saja bisa membuat hari yang dimiliki oleh orang yang kita berikan senyuman tersebut menjadi lebih indah dibandingkan sebelumnya. Ini bisa menjadi efek positif kepada orang lain.

Betapa besarnya pengaruh dari sikap suka memberi ini kalau kita ajarkan kepada anak-anak kita sedini mungkin, karena hal ini akan menjadi karakter yang baik bagi anak-anak kita, dan bisa dipastikan anak-anak kita bukan saja disukai oleh sesama karena sifat suka memberinya, tetapi yang lebih penting, Tuhan pun sayang kepada anak-anak kita. Maka beberapa hal berikut perlu dilakukan agar anak kita suka memberi:

  1. Ajarkan kepada anak-anak kita dengan bahasa yang mudah mereka pahami bahwa dengan kita suka memberi kepada sesama, sama saja dengan kita mengundang pertolongan Tuhan di dalam kehidupan kita. Karena Tuhan sudah berjanji akan menolong hamba-Nya yang suka menolong sesama.
  2. Ajarkan kepada anak untuk langsung terlibat dalam proses belajar memberi, karena sifat suka memberi ini jangan hanya kita katakan saja secara lisan bahwa sifat suka memberi ini baik, tetapi anak harus langsung terlibat dalam prosesnya dengan cara melakukannya dari hal yang mereka bisa lakukan, sedangkan kita sebagai orang tua memberikan contohnya.
  3. Ajarkan kepada anak secara konsisten dan terus-menerus, karena kalau kita hanya mengajarkannya sewaktu-waktu, penulis meyakini akan sulit menjadi karakter anak-anak kita. Maka orang tua dituntut untuk secara konsisten memastikan bahwa sifat suka memberi ini menjadi sebuah kebiasaan yang anak-anak kita lakukan.
  4. Tunjukkan bahwa memberi itu menyenangkan. Anak-anak suka hal-hal yang menyenangkan. Agar anak menganggap bahwa hal itu menyenangkan, Anda perlu menerapkan permainan ketika mengajarkan anak untuk berbagi. Bisa juga dilakukan dengan mengajak si kecil dan temannya saling mencicipi camilan yang mereka bawa dari rumah.

( https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/mengajarkan-anak-untuk-berbagi/ )

Leave your thought