Jangan Berhenti Berpikir

14 Jun
0 comment

Jangan Berhenti Berpikir; Tuhan telah memberikan nikmat yang luar biasa kepada manusia berupa pikiran sehingga manusia dapat menentukan nasibnya sendiri, ingin menuju ke arah kebaikan atau keburukan –berbeda dengan binatang yang hanya mengikuti nalurinya saja. Tetapi seringkali manusia tidak menggunakan pikirannya untuk kebaikan dan kemaslahatan. Bahkan banyak orang yang bertindak tanpa berpikir (terlebih dahulu). Kalaupun berpikir, maka pikirannya digunakan  untuk sesuatu yang sia-sia dan tidak mendatangkan manfaat bagi kehidupannya.

Manusia adalah satu-satunya mahluk ciptaan Tuhan yang diberi anugerah berupa pikiran, yang menyebabkannya diberi tugas oleh Sang Maha Pencipta untuk menjadi pemimpin di muka bumi. Akan tetapi manusia, mahluk yang paling sempurna, masih suka melakukan hal yang sia-sia. Maka tidaklah aneh apabila manusia selalu dalam keadaan bingung akan dirinya karena tidak menggunakan pikirannya.

Setiap manusia dilengkapi dengan kemampuan untuk berpikir, namun tidak semua orang mau menggunakan kekuatan berpikirnya dengan baik. Inilah yang menjadikan mengapa ada orang yang sukses dan ada orang yang gagal. Orang sukses akan memanfaatkan setiap waktu luangnya untuk menemukan ide-ide atau gagasan-gagasan yang cemerlang, kemudian merumuskannya dan menjadikannya sebagai batu loncatan untuk melakukan perubahan-perubahan yang sangat berarti dan bermanfaat terutama bagi diri sendiri dan orang lain. Sebaliknya, orang-orang yang gagal akan menghabiskan waktu luangnya untuk mengutuki kemalangannya, menyalahkan situasi dan orang lain yang dianggapnya sebagai perintang dalam mencapai keberhasilannya.

Hal kedua yang akan kita dapati ketika mulai menggunakan kekuatan berpikir dengan baik adalah kemampuan untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan diri sendiri, sehingga kita berusaha untuk mengembangkan kekuatan, yaitu potensi dan bakat untuk menjadi modal dalam mengembangkan bidang usaha yang akan digeluti agar menjadi seorang yang ekspert di bidangnya masing-masing.

Masih banyak hal lain yang akan menjadi manfaat ketika kita mulai belajar menggunakan kekuatan berpikir dalam meraih kesuksesan.Maka janganlah berhenti berpikir. Pikiran harus selalu diasah menjadi lebih tajam dan kritis agar selalu mampu menghasilkan ide-ide yang cemerlang. Pikiran yang baik harus selalu diberi makan vitamin tentang hal-hal yang positif. Beberapa hal yang harus kita sadari dan tanamkan ke dalam pikiran kita:

  1. Sadarilah setiap manusia memiliki anugerah yang luar biasa berupa pikiran yang diberikan oleh Tuhan untuk kemaslahatan kehidupannya di dunia. Tetapi, apabila tidak disandingkan oleh akal –berupa agama– maka pikiran yang seharusnya memiliki kekuatan yang dahsyat akan berakhir sia-sia.
  2. Agama bisa disebut sebagai ‘kompas dan peta’ kehidupan. Kalau kita tersesat di suatu daerah yang tidak kita kenali, maka kita tidak akan tersesat. Sedangkan kalau kita hidup di dunia tanpa agama, maka kita akan tersesat selamanya.

( sumber: https://bpsdm.sulselprov.go.id/informasi/detail/jangan-pernah-berhenti-berpikir )

Leave your thought