Jangan Dendam

06 Jun
0 comment

Jangan Dendam; Kalau kita renungkan lebih dalam, sebetulnya perbuatan orang lain kepada kita itu sudah menjadi dari kehendak Tuhan (bagian dari takdir). Tuhan menginginkan hal itu terjadi, dan kita disuruh mengambil hikmahnya. Dan itu juga salah satu pintu/jalan yang Dia berikan kepada kita untuk mendapatkan ampunan dari dosa-dosa kita, sehingga ‘memudahkan’ kita untuk masuk surga kelak.

Tuhan menjanjikan pahala yang sangat besar bagi orang yang mau memaafkan dan bersabar. Memaafkan dan berbuat baik akan membuat hati kita bersih dari keinginan keinginan buruk, iri hati, dan dendam. Hati kita pun akan merasakan ketenangan dan ketentraman.

Dendam akan membuat jiwa menjadi hina, sedangkan memaafkan akan membuat jiwa menjadi mulia. Ingatlah bahwa kita pasti pernah berbuat zalim dan dosa. Kalau kita memaafkan orang lain, maka Allah pun akan memaafkan kita. Menyibukkan diri dengan dendam akan menghabiskan waktu, sehingga banyak hal bermanfaat yang kita lewatkan.

Jika kita bersabar, maka Tuhan pasti akan menolong kita. Bahkan orang yang telah berbuat jahat kepada kita akan menyesal dengan tindakannya itu, merasa malu, dan bisa jadi akhirnya malah mencintai kita, padahal sebelumnya sangat membenci kita. Karena kalau kita membalas perbuatan buruknya kepada kita, hal itu akan membuat situasinya menjadi semakin buruk. Sikap sabar adalah kebaikan yang akan melahirkan kebaikan yang lain, dan kebaikan itu akan melahirkan kebaikan lagi dan begitu seterusnya. Karena di antara balasan kebaikan itu adalah kebaikan berikutnya.

Kalau kita pelihara keinginan membalas dendam ini di dalam hati kita, maka ini bisa mengakibatkan kehidupan yang nestapa. Bukan hanya diri kita, tetapi juga bagi orang-orang di sekeliling kita, terutama keluarga kita.

Berikut ini dampak buruk dendam bagi kesehatan:

  1. Stres yang berdampak buruk bagi kesehatan, karena dokter pun mengatakan bahwa sumber penyakit yang paling utama bersumber dari pikiran kita.
  2. Fisik makin cepat tua (penuaan dini) karena kromosom DNA mengalami perubahan untuk meregenerasi sel baru. Akibatnya organ tubuh akan mengalami penuaan lebih cepat.
  3. Menyebabkan tekanan darah tinggi, karena orang yang pendendam akan selalu dalam keadaan yang tegang. Dan ini mengakibatkan tensi menjadi naik dan menyebabkan penyakit stroke dan jantung.

Oleh karena itu, sadarilah bahwa manusia memang tempatnya salah dan alpa. Tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini. Kalaupun masih ada rasa dendam, jadikanlah itu sebagai pemicu diri kita untuk berbuat lebih baik lagi di dalam kehidupan ini. Sesungguhnya pembalasan dendam terbaik adalah dengan cara kita menunjukkan prestasi di dalam kehidupan kita. Dan buktikan bahwa kita adalah orang beriman yang lebih memilih ridho Tuhan ketimbang manusia.

( sumber: http://www.rumahyatimindonesia.com/2016/04/jangan-dendam.html )

Leave your thought