Jangan Suka Marah

22 May
0 comment

Jangan Suka Marah; Adalah hal yang wajar kalau kita pernah marah. Karena sebagai manusia yang memiliki emosi, perasaan dan hawa nafsu, pastilah ada saja hal atau kejadian yang bisa membuat kita marah.

Namun setelah kita marah, biasanya akan terjadi beberapa hal yang cenderung tidak enak kepada orang yang kita marahi, maupun pada diri kita sendiri. Orang yang kita marahi bisa menangis, merasa malu, tertunduk, tertegun, atau mungkin memarahi balik. Sedangkan pada diri kita, kondisi fisiologis cenderung memburuk, nafas tersengal-sengal, jantung berdetak kencang, otot menegang, dan sebagainya. Sedangkan kondisi psikologis kita merasa bersalah, hati menjadi tidak tenang, menyesal, atau mungkin juga merasa puas.

Orang seringkali lupa bahwa sebetulnya marah itu merugikan diri sendiri. Karena luapan amarah ini dapat memicu stres dan masalah dalam sebuah hubungan, entah itu dengan pasangan, anak, saudara, rekan kerja, kerabat, dan lingkungan sekitar. Berikut dampak marah terhadap kesehatan:

  1. Darah Tinggi
  2. Stroke
  3. Tukak lambung
  4. Pusing karena tegang
  5. Serangan jantung
  6. Asma
  7. Melemahkan daya tahan tubuh
  8. Penuaan dini

Apalagi kalau kita meluapkan kemarahan karena hawa nafsu belaka, maka itu berarti kita sudah memenangkan setan yang berhasil menggoda kita. Sebagaimana yang kita tahu bahwa setan selalu menggangu manusia untuk memenangkan nafsunya dibandingkan memenangkan Tuhannya untuk bersabar. Padahal setiap kejadian itu sudah mendapatkan ‘izin’ dari Tuhan untuk terjadi, dan Tuhan ingin melihat manakah hamba-Nya yang bisa bersabar, mana yang tidak.

Berikut adalah cara untuk dapat menghilangkan atau mengendalikan amarah:

  1. Pikirkan masak-masak sebelum meluapkan amarah, apakah itu bisa merubah keadaan menjadi lebih baik?
  2. Tuliskan penyebab Anda marah pada selembar kertas. Catat dengan sangat rinci perasaan Anda saat itu juga. Kegiatan ini mampu meredakan ketegangan yang sangat besar dari tubuh Anda. Bebaskan pikiran Anda dari pikiran-pikiran ini. Setelah merasa cukup membuat tulisan tersebut, sila Anda sobek atau hancurkan. Kata peneliti, setelah hal tersebut Anda lakukan, maka stres pun akan lenyap.
  3. Hal sederhana seperti pelukan dapat membantu Anda mengendalikan amarah, karena pelukan, terutama dari orang terkasih, mampu meningkatkan kadar oksitosin yang merupakan neurotransmitter yang bisa mengurangi stres dan gangguan jiwa lainnya. Ini dapat membuat Anda lebih bahagia dan senang.
  4. Ingat bahwa di agama mana pun kita dilarang meluapkan amarah, karena Tuhan bersifat Maha Pengasih, Penyayang, dan Pemaaf – maka maafkanlah.

( sumber: https://www.liputan6.com/global/read/3643130/jangan-marah-lakukan-10-hal-berikut-agar-kepala-tetap-dingin-saat-kesal )

 

Leave your thought