Keep Low Profile

05 May
0 comment

Keep Low Profile; Istilah ‘low profile’ kerap dipakai untuk menunjukkan bahwa seseorang itu tidak sombong. Orang yang disebut memiliki pribadi low profile kadang tidak menyadari bahwa dirinya itu low profile. Mereka sering menganggap bahwa dirinya tidak memiliki apa-apa padahal memiliki banyak kelebihan seperti pengetahuan, skill, atau prestasinya. Mereka hanya menunjukan kelebihannya di waktu yang tepat tanpa keinginan ambisi dirinya sendiri dan tanpa maksud membuat dirinya dipandang istimewa oleh orang lain.

Jadi terkesan lucu ketika seseorang mengakui dirinya adalah orang yang low profile atau rendah hati, karena orang yang benar-benar low profile cenderung tidak menyadari bahwa dirinya itu memang low profile. Ia hanya berorientasi pada kebermanfaatan dirinya di dunia tanpa mengharap pujian atau apresiasi dari orang lain.

Sikap rendah hati juga disematkan pada istilah low profile ini. lawan kata dari sikap rendah hati adalah: sombong, salah satu sikap tercela yang harus kita jauhi. Kalau kita bersikap sombong, maka orang-orang akan menjauhi kita, bahkan memusuhi kita. Orang yang sombong merasa dirinya paling benar, sedangkan orang lain salah. Termasuk sikap mau menang sendiri, tak mau mendengar masukan atau pendapat dari orang lain.

Sikap sombong akan sangat merugikan bagi kehidupan kita. Karena tidak mungkin kita dapat hidup tanpa orang lain terlibat di dalam kehidupan kita. Segala urusan kita di dunia ini pasti membutuhkan orang lain dalam setiap penyelesaiannya, karena sebagai manusia kita memiliki keterbatasan kemampuan dalam menyelesaikan setiap urusan yang menghampiri kehidupan kita.

Sikap rendah hati adalah kunci bagi manusia untuk mau saling tolong menolong, karena dengan memiliki sikap rendah hati, maka kita membuka diri atas masukan dan pendapat dari orang lain. Kalau kita tidak memiliki sikap rendah hati, bagaimana orang lain mau membantu dan menolong kita? Namun beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan:

  1. Sikap rendah hati berbeda dengan sikap rendah diri, karena sikap rendah hati adalah sikap menyadari bahwa kita membutuhkan orang lain di dalam kehidupan ini, sedangkan sikap rendah diri adalah sikap pesimis dalam menghadapi kehidupan, maka sikap rendah diri harus kita jauhi.
  2. Ajarkan kepada anak betapa pentingnya memiliki sikap rendah hati di dalam kehidupan mereka. Karena sikap rendah hati adalah cara kita mengundang pertolongan Tuhan di dalam kehidupan manusia –dan Tuhan tidak menyukai orang-orang yang sombong.
  3. Berikan contoh kepada anak bagaimana sikap rendah hati ini diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan cara orang tua selalu mau mendengar pendapat anaknya ketika mereka memberikan masukan. Karena ini menunjukkan bahwa kita menghargai mereka sebagai manusia.

( sumber: https://id.quora.com/Apa-itu-low-profile-Bagaimana-ciri-ciri-orang-yang-memiliki-kepribadian-low-profile )

 

Leave your thought