Rasa Percaya Diri

15 Apr
0 comment

Rasa Percaya Diri; Tanpa rasa percaya diri yang besar, mustahil kita membuat karya atau prestasi besar –jangankan yang besar, yang kecil pun sulit, hehe. Mahakarya atau prestasi besar hanya dapat diraih kalau kita memiliki keyakinan yang kuat bahwa kita mampu untuk meraihnya. Tetapi kalau kita sendiri tidak yakin, bagaima hal itu bisa terwujud? Karena banyak situasi, kondisi, dan orang-orang yang akan menguji keyakinan kita terhadap apa pun yang ingin kita raih dalam kehidupan ini: impian, cita-cita, maupun harapan kita. Dan hal tersebut lumrah adanya.

Yang menjadi tantangan yang sebenarnya bukanlah situasi maupun keadaan yang tidak mendukung, melainkan omongan orang-orang yang ada disekitar kita. Karena kita ingin keluar dari kebiasaan orang yang ‘rata-rata’, yaitu senang berada dalam zona nyaman atau zona tanpa prestasi. Karena banyak orang di luar sana tidak terbiasa melihat orang-orang yang memiliki keinginan yang besar, kemauan yang besar dan semangat yang besar untuk meraih apa yang mereka inginkan dalam kehidupannya.

Jadi jangan aneh kalau kita akan sering mendengar ‘suara-suara sumbang’ dari mereka seperti, “Jangan mimpi jadi orang sukses, Kamu itu keturunan dari keluarga miskin!” atau, “Bagaimana Kamu yakin bahwa Kamu mampu melakukannya, sedangkan banyak orang yang sudah pernah mencobanya, namun tetap gagal?”

Nah, di sinilah ujian keyakinan yang sebenarnya apakah kita tetap yakin dengan impian, cita-cita, maupun harapan kita. Jadi selama kita masih hidup di dunia, hal ini takkan pernah bisa kita hindari. Beberapa hal berikut perlu diperhatikan agar kita memiliki rasa percaya diri yang tinggi:

  1. Sikapi dengan keyakinan penuh bahwa apa pun yang ingin kita raih dalam kehidupan ini bisa kita dapatkan kalau kita mau berdoa meminta pertolongan Tuhan dan berusaha dengan keras.
  2. Jangan pedulikan omongan-omongan orang yang negatif kepada kita kalau mereka tidak dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi diri kita.
  3. Seberapa yakin kita akan impian, cita-cita dan harapan bisa kita raih akan sama dengan seberapa yakin Tuhan mau membantu kita untuk mewujudkannya. Mari kita renungkan bersama.
  4. Persiapkan segala sesuatunya dengan matang, dengan begitu Anda akan melangkah penuh percaya diri. Karena tanpa rencana yang matang –apalagi tidak ada perencanaan samasekali– maka sangat sulit bagi kita untuk yakin dengan apa yang kita lakukan.
  5. Miliki teman dan lingkungan yang positif. Meski tidak mutlak, namun dengan memiliki teman-teman yang positif, rasa percaya diri kita semakin besar. Karena lingkungan ini akan memberikan saran yang membangun dan mengatakan hal-hal yang meningkatkan rasa percaya diri.

( sumber: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3613895/tips-mudah-bangun-rasa-percaya-diri-anda )

Leave your thought