Jangan Reaktif

10 Mar
0 comment

Jangan Reaktif; Reaktif adalah cara kita menanggapi suatu stimulus atau masalah tanpa berpikir panjang. Kita langsung saja bereaksi, bertindak, melakukan sesuatu – dan bagaimana hasil dari tindakan itu urusan belakangan. Padahal dalam agama, kita sudah diajarkan bahwa setiap masalah harus dihadapi dengan sabar. Namun bagaimana cara bersabar yang benar, kita tidak pernah diajarkan sejak kecil hingga dewasa.

Sabar di sini bukan berarti hanya pasrah tidak bertindak apa pun juga, tetapi kita diminta untuk berpikir sejenak terlebih dahulu apa tindakan terbaik yang bisa kita lakukan saat ini tanpa menyebabkan kerugian di pihak kita maupun orang lain.

Sayangnya, kita tidak pernah diajarkan cara terbaik dalam menanggapi masalah yang hadir di dalam kehidupan kita. Akibatnya, karena itu ketika ada masalah, kita mudah terbawa emosi karena tidak dipikirkan terlebih dahulu cara menanggapi masalah yang tepat itu seperti apa. Padahal cara-cara reaktif itu akan membawa diri kita selalu berada dalam masalah, karena kita selalu menanggapi masalah dengan masalah (sesuatu yang tidak kita pikirkan dengan baik hanya akan menciptakan masalah baru) dengan mengandalkan perasaan atau insting semata. Maka bisa dipastikan cara kita menanggapi masalah tersebut tidak akan menghasilkan solusi terbaik karena tidak melibatkan akal di situ.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bereaksi terhadap suatu kejadian atau masalah:

  1. Berpikir sebelum bertindak. Gunakan waktu untuk berpikir apa untungnya (atau ruginya) tindakan kita, sekalipun itu masalah yang terjadi secara mendadak dan belum pernah kita temui sebelumnya. Agar tindakan yang kita lakukan selalu menjadi yang terbaik yang bisa kita lakukan.
  2. Bertanya kepada orang-orang yang sudah pernah mengalami masalah yang sama. Kita dapat belajar dari pengalaman mereka dalam menghadapi masalah tersebut. Dan belajar dari pengalaman adalah guru yang terbaik (meskipun itu adalah pengalaman orang lain).
  3. Apabila langkah-langkah di atas sudah kita lakukan, maka hal itu merupakan langkah paling bijak yang bisa kita lakukan karena sudah bertindak dengan benar. Akan tetapi perkara hasil, itu merupakan wewenang Tuhan, kita pasrahkan saja kepada-Nya.

( sumber: https://kiddo.id/2019/03/24/menjadi-orangtua-proaktif-atau-reaktif-yang-mana-pilihan-anda/ )

 

Leave your thought