Belajar dari Sejarah

26 Jan
0 comment

Belajar dari Sejarah; Sejarah mengajarkan kepada kita hal-hal yang sudah pernah dialami oleh orang-orang sebelum kita –apakah tentang kesalahan atau kebenaran yang terjadi di masa lalu.

Ketika kita mengalami suatu masalah, dan kita sulit mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut… kita bisa mengambil hikmah pembelajaran dari masalah yang sama yang terjadi di masa lalu. Tetapi ketika kita tidak mau belajar dari sejarah, kita secara tidak sadar mengulangi lagi kesalahan-kesalahan yang sama dan hal tersebut adalah sesuatu kesia-siaan.

Banyak sekali pembelajaran yang bisa kita petik dari kisah-kisah orang-orang terdahulu, karena sikap, sifat, kebiasaan, dan karakter yang dimiliki oleh orang-orang terdahulu kadang memiliki kemiripan dengan sisi kemanusiaan orang-orang yang hidup disaat ini. Kalau ini tidak kita jadikan pembelajaran, maka kita akan sangat rugi karena orang pintar tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, meski kesalahan itu dibuat oleh orang lain yang bukan dirinya:

  1. Sadarilah bahwa orang yang pintar itu adalah orang yang belajar dari kesalahan yang dilakukan oleh orang lain, bukan dirinya.
  2. Karena manusia itu adalah tempatnya kesalahan, maka kita harus mempelajari sejarah… karena di dalam sejarah ada pembelajaran yang bisa kita petik agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama.
  3. Tanamkan di dalam diri kita bahwa dengan mempelajari sejarah, maka kehidupan kita akan menjadi lebih baik karena kita memiliki pegangan dalam melakukan sesuatu –sejarah bisa diibaratkan seperti lampu senter yang dapat menerangi kehidupan kita saat ini.
  4. Sebagai rentetan atau rangkaian peristiwa yang saling berkaitan, sejarah perlu untuk dipelajari karena akan melatih kita untuk berpikir dan mengolah informasi. Belajar sejarah dapat menyulut imajinasi, sehingga mendorong kita untuk berupaya mengumpulkan lebih banyak informasi.
  5. Sejarah sarat akan nilai-nilai… karena melalui sejarah, kita menjadi tahu bahwa persatuan, toleransi dalam perbedaan, nasionalisme, dan nilai-nilai lainnya merupakan hal yang penting untuk ditanamkan pada diri sendiri.

( sumber: https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/kenapa-sejarah-perlu-dipelajari-6299/ )

Leave your thought