Rendah Hati Bukan Rendah Diri

18 Jan
0 comment

Rendah Hati Bukan Rendah Diri; Masih banyak orang yang salah atau tidak tahu bedanya rendah hati dan rendah diri. Padahal rendah hati dan rendah diri itu sangat berbeda maknanya. Nah, tulisan ini akan membahas beberapa di antaranya:

  1. Rendah hati itu kebalikan dari sombong, sedangkan rendah diri itu minder

Orang yang minder (rendah diri) akan menganggap dirinya tidak bisa apa-apa, atau tak punya apa-apa. Namun orang yang rendah hati menganggap dirinya mampu tanpa bermaksud menyombongkan diri. Minder adalah sikap tidak percaya diri, sangat berbeda dengan rendah hati, yang tidak ingin sombong tanpa harus ‘merendahkan’ diri di hadapan orang lain.

  1. Rendah diri itu cenderung anti sosial, atau kurang bersosialisasi

Menurut sciencedaily.com, biasanya orang yang anti sosial itu cenderung bersikap minder dan tertutup. Seseorang bisa dikatakan minder ‘akut’ jika ia sampai menarik dirinya terlalu jauh dari interaksi sosial. Nah, kalau rendah hati tidak seperti itu. Orang yang rendah hati justru akan melibatkan dirinya kepada kegiatan-kegiatan sosial di mana ia bisa ‘gaul’. Maka orang yang rendah hati lebih disukai oleh komunitasnya.

  1. Rendah diri itu cenderung pesimis, sedangkan rendah hati itu cenderung optimis

Pesimis dan optimis itu sangat bertolak belakang. Orang yang rendah diri selalu menganggap dirinya tidak bisa, tidak pantas, tidak layak, dan sebagainya –yang cenderung negatif. Sedangkan optimis, sikap yang dimiliki orang-orang rendah hati, merupakan sikap positif yang menunjukkan kepercayaan diri tanpa harus sombong.

  1. Orang yang rendah hati cenderung sehat mentalnya, sedangkan orang yang rendah diri mudah depresi

Menurut jurnal medis psychcentral.com, orang yang minder dan merasa tidak berharga lebih mudah (rentan) depresi. Sikap minder yang terlalu lama dipupuk dalam diri seseorang  dapat menimbulkan hal-hal yang negatif. Sedangkan orang yang rendah hati, biasanya memiliki risiko lebih rendah terhadap depresi. Ini karena orang rendah hati biasanya tidak dipusingkan dengan ‘kata orang’, sebab ia tahu persis kapasitas dan kemampuan dirinya. Hal ini membuatnya lebih kuat dan sehat secara mental.

  1. Orang rendah hati itu tidak suka pamer, sedangkan orang rendah diri justru sering pamer

Pernah lihat orang-orang yang ‘gak kaya-kaya amat’, atau bahkan ‘kurang’ secara finansial, tapi suka pamer barang-barang mewah..? Itulah yang dinamakan mental minder: suka pamer barang mewah karena takut dianggap miskin.

Pernah lihat orang yang ‘tajir melintir’ namun sikapnya biasa saja, malah tidak pernah pamer barang mewah..? Itulah sikap orang kaya sejati yang rendah hati. Orang yang benar-benar kaya, biasanya tidak suka memamerkan kekayaannya itu.

( sumber: https://www.idntimes.com/life/inspiration/dahli-anggara/5-perbedaan-antara-rendah-hati-dengan-rendah-diri-c1c2/1 )

Leave your thought