Memikirkan Berpikir

29 Dec
0 comment

Memikirkan Berpikir;

Tidak ada pemikiran yang tidak bisa dibantah –selama masih hasil pemikiran manusia, pasti masih ada celah untuk dikritisi. Tetapi di sini kita hanya ingin berdiskusi tentang apa yang disebut berpikir. Makna kata “pikir” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai berikut:

  1. akal budi; ingatan; angan-angan: ahli — , ahli falsafah; filsuf; kurang — , kurang menggunakan akal budi atau kurang mempertimbangkan baik-baik; jangan banyak — , jangan banyak mengingat atau mempertimbangkan; tak habis — , tidak dapat mengerti mengapa suatu hal sampai terjadi;
  2. kata dalam hati; pendapat (pertimbangan); kira: — saya dialah yang salah;– dahulu pendapatan, sesal kemudian tidak berguna, pb bila hendak melakukan atau mengerjakan sesuatu, hendaknya dipertimbangkan lebih dahulu baik buruknya; — itu pelita hati, pb menggunakan akal budi dan mempertimbangkan segala sesuatu dengan baik menjadikan seseorang lebih bijaksana; pikir punya pikir: 1) kalau dipikir-pikir dengan sesungguhnya; 2) setelah dipikir dengan sungguh-sungguh…

Dipikir-pikir secara tidak terlalu mendalam, kita dapat hidup secara biologis seperti ketika terbius obat bius –sehingga tidak merasakan apa pun. Namun secara ragawi (tubuh kita) pada saat terbius anestesi, meskipun masih hidup, tak ubahnya seperti seonggok sayuran. Tanpa kemampuan berpikir, bahkan kita tak dapat berkomunikasi dengan diri sendiri, sehingga segenap organ tubuh kita hanya berfungsi secara mekanis-biologis saja. Tanpa kemampuan berpikir, kita tidak dapat membaca, menikmati keindahan alam, memilih atau golput pada pemilihan umum, menjadi caleg apalagi capres, memberikan maupun menerima perhatian, empati, serta kasih-sayang dari sesama manusia.

Pikiran semestinya juga siap didayagunakan sebagai alat jihad-al-nafs (kendali akhlak diri sendiri) agar jangan sampai kita membenci, menghujat, memfitnah, menyengsarakan apalagi membinasakan sesama manusia.

( sumber: https://www.rmolbanten.com/read/2020/12/26/20868/Berpikir-Tentang-Berpikir- )

Leave your thought