Balas Dendam Terbaik

15 Nov
0 comment

Balas Dendam Terbaik; ‘Balas dendam’ adalah kata yang menurut sebagian besar orang berkonotasi negatif karena memiliki niat yang buruk untuk membalas, akibat kita merasa pernah disakiti, ataupun dirugikan oleh orang lain.

Apakah balas dendam itu mempunyai pengaruh atau efek tertentu kepada si pendendam? Ternyata ada lho..! di antaranya yaitu:

  1. Stres yang berlebihan, pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatan kita karena sebagian besar dokter setuju bahwa sumber penyakit yang paling utama bersumber dari pikiran kita.
  2. Menimbulkan gangguan emosi karena akan memproduksi hormon kortisol yang berlebihan kepada tubuh, dan ini menyebabkan kesehatan emosi seseorang menjadi terganggu.
  3. Memicu penuaan dini karena kromosom DNA mengalami perubahan untuk meregenerasi sel baru, akibatnya organ tubuh akan mengalami penuaan secara cepat.
  4. Terganggunya sistem metabolisme tubuh karena dendam menyebabkan kekebalan tubuh menjadi lemah sehingga seseorang mudah terkena penyakit.
  5. Menyebabkan tekanan darah tinggi, karena orang yang pendendam akan selalu dalam keadaan yang tegang. Dan ini mengakibatkan tensi menjadi naik dan menyebabkan penyakit stroke dan jantung.

Waah, banyak juga ternyata yah… Lalu, bagaimana kalau kita masih ingin membalas dendam? Adakah cara yang baik?

Ada, yaitu dengan menjadi jiwa yang pemaaf.

Nabi bersabda, “Tidaklah seseorang memaafkan kezaliman (terhadap dirinya) kecuali Allah akan menambah kemuliaannya,”

Lalu, bolehkah kita membela diri saat dizalimi (disakiti, diperangi, dsb.) ?

Boleh, karena Allah berfirman, “Dan bagi orang-orang yang apabila mereka dizalimi, mereka membela diri… Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa yang memaafkan dan berbuat baik, akan diberi pahala oleh Allah, sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim…”

Nah, itulah cara terbaik untuk membalas dendam: menjadi jiwa pemaaf. Meski terkadang rasa kesal dalam hati itu masih tersimpan, tapi jiwa pemaaf akan melunturkannya. Sehingga kebencian dan amarah tidak akan bertahan lama dalam hati kita.

( sumber: https://www.islampos.com/islam-inilah-cara-terbaik-balas-dendam-4043/ )

Leave your thought