Agar Anak Bisa Mandiri

25 Oct
0 comment

Agar Anak Bisa Mandiri; Menanamkan sikap mandiri kepada anak adalah hal yang wajib yang harus kita lakukan sebagai orang tua, karena ketika anak masih kecil adalah momen yang paling tepat dalam menabur kebiasaan yang baik ini.

Usia anak-anak adalah usia dimana seorang anak manusia belum terbentuk karakternya, oleh karena itu ketika usia anak-anak kita tanamkan sikap mandiri kepada anak akan jauh lebih mudah daripada ketika anak tersebut sudah dewasa. Karena kalau mereka sudah dewasa pastinya karakter mereka sudah terbentuk, dan apabila kita baru mau mulai menanamkan sikap mandiri kepada anak yang sudah dewasa akan jauh lebih sulit.

Berikut ini beberapa cara mengajarkan anak agar mandiri:

  1. Menjadikan rutinitas

Dimulai dengan mengajarkan anak untuk menjalankan rutinitas sehari-hari. Umumnya, anak-anak merasa kesulitan jika mengerjakan sesuatu yang baru dan bukan menjadi rutinitas. Jika orangtua mengajarkan sesuatu yang menjadi rutinitas, tentunya lama-kelamaan anak lebih mandiri untuk mengerjakan hal tersebut. Misalnya, ibu bisa mengajarkan anak untuk mandi atau menggunakan baju sendiri.

  1. Beri anak tanggung jawab dari hal kecil

Beri anak tanggung jawab mulai dari hal-hal kecil dalam kehidupannya. Tentunya, anak-anak tidak perlu memutuskan masalah keuangan atau rumah tangga, berikan anak tanggung jawab terhadap kebersihan kamarnya, kerapihan lokasi bermain, atau berikan anak pekerjaan ringan seperti menyapu rumah dan membersihkan jendela.

  1. Ajarkan sikap mandiri ini secara bertahap kepada anak

Setiap anak memiliki tahapan tumbuh kembangnya masing-masing, maka sesuaikanlah agar anak dapat langsung melakukannya. Tentukan sikap-sikap mandiri seperti apa yang harus anak kita lakukan, setelah itu langsung anak praktekkan. Apabila mereka belum mengerti maka bisa kita ajarkan terlebih dahulu.

  1. Lakukan sikap mandiri ini secara konsisten sampai menjadi karakter anak.

Karena manusia adalah mahluk pengulangan, maka dibutuhkan konsistensi dalam pembentukan karakter mereka secara terus-menerus.

( sumber: https://www.halodoc.com/artikel/4-cara-mengajari-sikap-mandiri-pada-anak-sejak-dini )

Leave your thought