Mengajarkan Anak Bersikap Ramah

19 Oct
0 comment

Mengajarkan Anak Bersikap Ramah; Setiap orangtua menginginkan anaknya menjadi orang yang baik, mempunyai sikap yang baik. Namun banyak anak yang ketika sudah beranjak dewasa, sikapnya mengecewakan hati orangtua.

Pertanyaannya: sudahkah orangtua mendidik anaknya dengan benar?  Tugas kita sebagai orangtua memang tidaklah mudah. Orangtua (harus) tak kenal lelah untuk mendidik anaknya –bahkan ini bisa menjadi tugas seumur hidup. Oleh karena itu, orangtua tidak boleh berhenti belajar parenting kalau mereka memang ingin menjadi orangtua terbaik untuk anak-anaknya.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diajarkan agar anak memiliki sikap yang ramah dan baik kepada orang lain:

1.      Pilihan kata untuk menyapa orang.

Beritahu apa saja ucapan yang sopan untuk menyapa orang lain. Misalnya, ajarkan anak untuk memanggil orang yang lebih tua dengan sebutan ‘Kak’, ‘Mas’, ‘Om’, ‘Tante’, dan sebagainya. Anak harus tahu bahwa ramah itu harus dengan sopan.

2.      Biasakan untuk ‘murah’ senyum.

Anak tidak otomatis langsung bisa mengikuti semua yang kita ajarkan. Tapi ketika orangtua selalu mencontohkannya, berulang-ulang… anak selalu ingat dan melakukan persis seperti orangtuanya. Beri pemahaman kepada mereka bahwa ‘murah’ senyum itu adalah tanda bersikap ramah. Anak akan paham dan menyukai kebiasaan ini kalau sudah diajarkan sedari kecil.

3.      Memberi salam.

Ajarkan anak bahwa dengan memberi salam pada orang lain itu menunjukkan kita menghargai orang tersebut.

4.      Menerima tamu (ikut duduk, meskipun tidak ikut mengobrol).

Banyak orangtua yang ‘mengabaikan’ anaknya ketika sedang kedatangan tamu ke rumah. Anak harus tahu bagaimana menyambut atau memberi salam dengan ramah kepada tamu yang datang, maka ajak ia duduk ketika kalian mengobrol (meskipun tidak ikut mengobrol). Kalau setiap ada tamu –yang bukan menginginkan pertemuan 4 mata saja–  anak dibiarkan bermain gadget di kamarnya, maka ia akan menjadi pribadi yang cuek dan tidak tahu bagaimana bersikap ramah dengan orang lain.

5.      Beri hadiah.

Hadiah, meskipun kecil dan tidak harus mahal, itu akan membuat anak makin bersemangat dan merasa dihargai. Ia pun merasa bangga karena telah mampu bersikap ramah. Tapi itu cukup di awal-awal saja, jangan terlalu sering, karena kalau terlalu sering bisa membuat anak mengharapkan hadiah ketika ia melakukan kebaikan.

( sumber: https://www.idntimes.com/life/family/martha-telaumbanua/cara-sederhana-melatih-anak-untuk-bersikap-ramah-c1c2/4 )

Leave your thought