Kebiasaan Baik Sejak Kecil

07 Oct
0 comment

Kebiasaan Baik Sejak Kecil; Siapa yang tidak mau memiliki anak yang baik? Tapi tahukah Anda bahwa seseorang bisa dikatakan sebagai orang yang baik (atau anak yang baik) itu karena dia memiliki kebiasaan yang baik? –bagaimana mungkin seseorang dengan kebiasaan buruk (dalam kehidupan dan kesehariannya) dapat dikatakan sebagai orang yang baik?

Nah, berarti kalau kita ingin memiliki anak yang baik, maka tanamkanlah kebiasaan baik sedini mungkin, sejak mereka masih kecil. Maka setiap orangtua perlu mengetahui apa saja kebiasaan baik yang harus ditanamkan kepada anak (anak)-nya.

  1. Bangun pagi.

Banyak orang tua yang bersusah payah membangunkan anak mereka setiap pagi. Ini bukan kebiasaan yang baik dan sehat. Maka biasakanlah anak untuk selalu bangun pagi, sehingga ketika mereka dewasa, mereka tidak memiliki kebiasaan buruk bangun siang.

  1. Sopan santun.

Kita maupun anak-anak kita pasti akan berurusan dengan orang lain –kapan pun dan di mana pun. Pastikan bahwa kita (dan anak-anak kita) bersikap sopan dan mengerti ‘adab’ ketika berinteraksi dengan orang lain, apalagi orang yang lebih tua dan dimuliakan seperti orang tua, guru, kaum dhuafa dan anak yatim/piatu… (Lho kok kaum dhuafa dan anak yatim/piatu..? Ya, karena mereka dimuliakan oleh Tuhan)

  1. Rapi

Dimulai dari merapikan kamar sendiri – itu bukan lagi tugas orangtua ataupun pembantu rumah tangga, melainkan itu sudah menjadi tugas keseharian mereka. Begitu juga cara berpakaian dan berpenampilan. Hal ini harus dibiasakan sejak kecil sehingga mereka akan selalu rapi hingga mereka dewasa.

  1. Mengucapkan kata “Tolong” dan “Terima kasih”.

Adalah dua kata ‘ajaib’ yang bisa membuat anak terlihat manis dan sopan. Sikap ini juga mencerminkan keberhasilan orang tua dalam mendidik anak.

  1. Berbagi

Bisa dari hal yang simpel seperti berbagi mainan, makanan, atau gadget dengan saudara atau teman-temannya. Ini melatih mereka untuk tidak bersikap egois dan mau menang sendiri.

  1. Bertanggung-jawab.

Ajarkan anak mengelola pengeluaran pribadi mereka –bertanggung jawab terhadap keuangan mereka sendiri dapat menjadi titik tolak dalam mengajarkan tanggung-jawab.

  1. Mengonsumsi makanan sehat.

Sering mengajak anak pergi ke resto fast-food membentuk kebiasaan makan yang tidak sehat. Biasakan anak (hanya) makan makanan sehat.

  1. Menjaga kebersihan.

Dimulai dari membuang sampah pada tempatnya. Sejak dini sudah harus dibiasakan agar memiliki sense of belonging terhadap lingkungan di mana pun dia berada.

  1. Gemar menolong dan membantu.

Beri mereka tugas kecil seperti membereskan meja makan, mencuci peralatan makan. Kelak ditambah tugas yang lebih ‘sosial’ seperti mengantarkan makanan ke rumah tetangga, kerja bakti RT/RW, dll.

( sumber: https://www.merdeka.com/gaya/11-kebiasaan-baik-yang-harus-diajarkan-pada-anak.html )

Leave your thought