Cara Mendapatkan Income dari Hobi

29 Sep
0 comment

Cara Mendapatkan Income dari Hobi Anda; Hobi adalah suatu kegiatan yang kita anggap menyenangkan dan kita sukai untuk melakukannya berulang-ulang, tanpa merasa bosan. Bahkan bukan hal yang aneh kalau ada orang yang sampai menghabiskan banyak uang demi hobinya itu.

Nah, bagaimana seandainya hobi yang kita gemari itu juga bisa mendatangkan uang? Dengan kata lain, kita bisa mendapatkan income dari hal yang kita senangi… akan lebih menyenangkan lagi bukan..? Berikut ini beberapa cara agar Anda dapat mengubah (yang tadinya sekedar) hobi menjadi peluang bisnis:

  1. Mengajarkan Hobi Anda kepada orang-orang.

Misalnya Anda menyukai melukis, maka buatlah kelas melukis di rumah Anda, yang nantinya diperuntukkan bagi anak-anak sekolah, atau bisa juga untuk orang dewasa. Contoh lain: kelas memasak, kelas gitar, kelas piano, kelas balet, dan lain-lain. Apalagi kalau Anda mahir berbahasa asing, membuka les atau bimbel khusus bahasa asing juga berpotensi mendatangkan income yang besar.

  1. Tentukan Hobi yang Memiliki Nilai Jual.

Artinya hobi tersebut harus juga memiliki nilai jual, karena tujuannya memang untuk mendapatkan profit. Misalnya, kalau Anda hobi memancing, maka agar mendapatkan keuntungan dari hobi tersebut, Anda dapat menjual aksesoris maupun hal pendukung untuk aktivitas memancing. Anda pasti tahu persis peralatan apa saja yang bagus untuk memancing –karena itu memang hobi Anda dimana Anda sudah menghabiskan banyak waktu dan bahkan uang untuk itu.

  1. Perluas Pengetahuan dan Wawasan Anda.

Gunakan pengetahuan yang Anda miliki untuk mengembangkan hobi tersebut. Misalnya jika Anda memiliki skill fotografi, maka jangan berhenti dengan usaha penyediaan jasa fotografi saja, tetapi cobalah kembangkan dan ciptakan peluang ide bisnis baru seperti membuat album foto dan menjualnya secara online. Anda pun bisa mendesain baju dari foto hasil jepretan Anda sebelumnya. Pikirkan segala kemungkinan atau ide-ide agar usaha yang Anda rintis semakin berkembang dan mempunyai potensi income yang lebih besar lagi.

  1. Ciptakan Brand

Medsos Anda dapat menjadi sarana pendukung untuk menjalankan bisnis yang sedang Anda jalankan. Hal paling penting dengan memanfaatkan media sosial juga bisa menciptakan brand  atau  merk dagang sendiri pada usaha yang tengah Anda geluti.

  1. Mengenali Dengan Baik Target Pasar Anda

Anda tentu memahami ‘karakteristik’ orang yang memiliki hobi yang sama dengan Anda, dan apa saja yang mereka butuhkan. Misalnya kalau hobi Anda adalah sepakbola atau futsal, maka Anda harus tahu kondisi pasar dan target/pangsa pasar Anda itu. Trend apa saja yang tengah menjamur di masyarakat dan sangat dicari. Apakah target Anda hanya mencakup laki-laki saja atau perempuan juga harus dipikirkan.

  1. Membangun Komunitas

Ini adalah hal yang sangat potensial jika Anda melibatkannya dalam bisnis yang sedang dijalani. Penting sekali untuk membangun sebuah komunitas yang sesuai dengan bisnis (baca: hobi) Anda. Selain berfungsi untuk ‘menjaring’ calon konsumen, komunitas juga dapat memperluas jaringan usaha Anda. Apabila Anda memiliki hobi di bidang otomotif, misalnya, maka bergabunglah dengan pecinta otomotif lainnya. Lalu, perlahan-lahan, secara bertahap, mulailah membangun komunitas Anda sendiri.

( sumber: https://kaba12.co.id/2020/02/24/ini-6-tips-mengubah-hobi-menjadi-peluang-bisnis/  )

Leave your thought