Anak Cerdas Naturalis

11 Sep
0 comment

Anak Cerdas Naturalis;

Menurut Irma Gustiana, M.Psi, seorang Psikolog Anak dan Keluarga, kecerdasan Naturalis –yang merupakan salah satu dari 9 jenis kecerdasan dalam multiple intelligence-nya Howard Gardner– adalah “Kemampuan untuk mengenali, melihat perbedaan, menggolongkan, dan mengkategorikan apa yang dia lihat atau jumpai di alam atau di lingkungannya. Pada praktiknya, otak anak akan bertanggung jawab mengenali pola, menangkap persepsi sensor melalui seluruh panca inderanya, dan melakukan pemisahan dan pengklasifikasian objek tertentu di alam.

Lalu, apa respon yang akan ditunjukkan anak? Dia menjadi lebih peka terhadap hal-hal yang ada di lingkungan sekitarnya, “Mampu untuk mengenali tanda-tanda alam yang akan bermanfaat bagi kehidupannya, misalnya ketika anak melihat ada sekelompok burung terbang, anak yang peka terhadap alam mampu mendeteksi bahwa akan ada peristiwa alam,” Dan dampak jangka panjang yang mungkin muncul adalah pemilihan bidang studi yang akan cenderung memilih bidang yang berkaitan dengan lingkungan, misalnya flora dan fauna. Memilih bidang zoology, botani, biologi, geografi, meteorology dan lain-lain untuk ditekuni.

Berikut adalah ciri-ciri anak cerdas naturalis:

  1. Sangat peka terhadap lingkungan jadi biasanya bisa menunjukkan hal-hal yang tidak dilihat orang lain misalnya “Mama, lihat, ada kumbang di sana!” sambil menunjuk ke arah dedaunan.
  2. Bisa mengamati, perbedaan, atau persamaan yang ada pada tumbuhan hewan atau hal lain yang ada disekitarnya.
  1. Bisa mengingat secara detil dan tajam hal yang ada di lingkungannya.
  2. Menyukai hewan dan senang mencari tahu tentang binatang atau hewan tertentu.
  3. Ketajaman panca inderanya untuk merasakan, mencium, menyentuh hal-hal yang ada kaitannya dengan alam sekitarnya.
  4. Selalu bersemangat untuk bermain di luar rumah, misalnya berkebun, bermain pasir di pantai.

( sumber: https://mommiesdaily.com/2017/07/19/mengenal-kecerdasan-naturalis-bagaimana-cara-menstimulasinya/ )

Leave your thought