Anak Cerdas Musikal

04 Sep
0 comment

Anak Cerdas Musikal; Tidak semua kecerdasan harus berhubungan dengan hal sains seperti: matematika, teknologi atau ilmu pengetahuan alam. Seorang profesor dari Amerika, Howard Gardener, mengatakan bahwa kecerdasan adalah suatu kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuhkembangkan. Ia pun memetakan ragam kecerdasan atau ‘multiple intelligence’ anak dalam sembilan kategori utama.

Setiap orang memiliki bermacam-macam kecerdasan tetapi dengan kadar pengembangan yang berbeda. Salah satunya adalah kecerdasan musikal, yaitu: kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar. Mungkin saja anak kita memiliki kecerdasan musikal yang tinggi walaupun kecerdasan yang lain agak kurang, misalnya.

Nah, bagaimana cara mengetahui bahwa anak kita memiliki kecerdasan musikal? Berikut adalah ciri anak cerdas musikal:

  1. bisa memainkan alat musik,
  2. mampu menyanyi sesuai dengan tinggi rendahnya kunci nada,
  3. dapat mengingat sebuah irama hanya dengan mendengarkan beberapa kali saja,
  4. senang mendengarkan musik, menikmati konser atau pertunjukan musik,
  5. suka mendengarkan lagu sambil belajar,
  6. dapat mengikuti irama musik dengan baik –dan tanpa sadar mengetuk-ngetukkan jari mengikuti irama lagu itu…

( sumber: https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/04/09/kenali-5-ciri-anak-miliki-kecerdasan-musikal-5-cara-orangtua-mengembangkan-kemampuannya )

Leave your thought