Anak Cerdas Visual Spasial

21 Aug
0 comment

Anak Cerdas Visual Spasial; Masih dalam pembahasan Multiple Intelligence, kali ini tentang Kecerdasan Visual Spasial: kemampuan untuk mengingat gambar dengan detil, visualisasi, dan juga sadar betul akan apa yang terjadi di sekellingnya.

Anak yang memiliki kecerdasan visual spasial sangat baik dalam mengingat wajah, gambar, hingga detil-detil tertentu. Mereka mampu memvisualisasikan sebuah objek dari angle (sudut) berbeda. Mendeteksi apakah seorang anak memiliki kecerdasan visual spasial cukup mudah. Mereka terlihat lebih menonjol dalam hal yang berkaitan dengan gambar atau bentuk yang ada di sekitarnya. Berikut ini ciri-ciri anak cerdas visual spasial:

  1. Memahami visual dengan baik.

Hanya dengan sekali melihat, mereka bisa mengingat bagaimana bentuk sebuah visual, lengkap dengan detil-detil terkecilnya.

  1. Memahami spasial dengan baik.

Tak semua anak dikaruniai kecerdasan visual spasial, karena bisa saja hanya visual-nya yang baik, namun spasialnya kurang. Kalau spasial-nya juga baik, maka dia memiliki pemahaman yang baik terhadap lingkungan, ruang, atau tempat. Misalnya, dia dapat dengan mudah memastikan berapa jarak antara tempatnya berdiri dengan objek tertentu.

  1. Menyukai aktivitas desain.

Anak cerdas visual spasial sangat senang dengan aktivitas yang berkaitan dengan desain, penilaian, dan tentu saja kreativitas. Biasanya mereka akan berkecimpung dalam bidang seni, arsitektur, desain grafis, perancang, dan sebagainya.

  1. Dapat ditemukan (juga) pada orang yang tak dapat melihat.

Tak hanya anak dengan kondisi normal saja, anak yang memiliki keterbatasan penglihatan pun dapat menggali kecerdasan visual spasial-nya. Misalnya, orang buta yang menggunakan inderanya untuk menyentuh dan mengkalkulasikan bentuk, ukuran, luas, hingga panjang sebuah objek tertentu.

  1. Sangat sadar sekitar.

Anak cerdas visual spasial sangat detail dengan kondisi sekitarnya. Bahkan mereka mampu mengingat informasi yang ada di sekitarnya dengan sangat cepat.

  1. Sangat sadar sekitar.

Salah satu yang spesial dari anak cerdas visual spasial adalah pandai membaca informasi yang terdapat pada peta atau grafik. Mereka bisa dengan mudah mendeteksi bentuk tertentu yang mengandung informasi visual.

( sumber: https://www.sehatq.com/artikel/anak-detil-dan-pandai-memahami-visual-bisa-jadi-punya-kecerdasan-visual-spasial )

Leave your thought