Anak Cerdas Logika Matematika

14 Aug
0 comment

Anak Cerdas Logika Matematika; Kecerdasan logis matematis ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi jalan keluar dengan urutan yang logis dan masuk akal.

Ciri-ciri anak dengan kemampuan logis matematis adalah:

  1. Senang bekerja dengan angka dan dapat melakukan perhitungan ‘mental’ seperti mencongak.
  2. Tertarik dengan kemajuan teknologi dan gemar melakukan percobaan untuk melihat cara kerja sesuatu hal.
  3. Mampu –bahkan merasa mudah– melakukan perencanaan keuangan.
  4. Senang menyiapkan jadwal perjalanan secara terperinci.
  5. Suka menyiapkan, memberi nomor dan menetapkan suatu daftar kerja (to-do-list).
  6. Senang dengan permainan, puzzle atau sesuatu yang membutuhkan kemampuan berpikir logis dan statistis seperti permainan checker atau catur.

Di sisi lain, anak tidak mungkin selamanya belajar atau bekerja sendirian. Ada kalanya harus bersinggungan dengan anak lain dengan pola belajar berbeda.

Ketika berada dalam sebuah kelompok (team), anak dengan kecerdasan logis matematis biasanya mengambil peran: membuat agenda atau daftar apa saja yang harus dikerjakan. Mereka dapat memaparkan lebih detil secara numerik apa saja yang harus dilakukan, lengkap dengan rentang waktu (time table) yang dimiliki. Tanpa perlu dipaksa ataupun bersusah payah, anak dengan kecerdasan logis matematis akan dengan senang hati memuat data laporan lengkap dengan angka dan bagan secara detil.

Cara anak dengan kecerdasan logis matematis ketika memecahkan masalah (dalam team) juga berbeda. Jika anak dengan kecerdasan interpersonal akan memecahkan masalah dengan komunikasi, maka anak cerdas logika matematika akan membawa logika, analisis, dan hitungan matematis ketika menghadapi masalah.

Lalu, sebagai orangtua, bagaimana cara men-support anak dengan kemampuan logis matematis ini? Orangtua dapat mengambil peran mengembangkan kemampuan mereka dengan cara:

  1. Membiasakan anak beraktivitas secara runut (berurutan).
  2. Mengajak anak bermain permainan semisal teka-teki, catur atau puzzle.
  3. Melakukan percobaan ilmu pengetahuan bersama anak.
  4. Mengajak anak mengobrol atau membahas suatu hal secara sistematis.

( sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/23/11253401/anak-memiliki-kecerdasan-logis-matematik-pahami-cirinya?page=all

https://www.sehatq.com/artikel/kecerdasan-logis-matematis-berpikir-layaknya-komputer )

Leave your thought