Anak Cerdas Bahasa

06 Aug
0 comment

Anak Cerdas Bahasa; Kecerdasan Bahasa (biasa disebut kecerdasan linguistik atau kecerdasan verbal) adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini mencakup kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme dan intonasi dari kata yang di ucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi.

Dalam dunia psikologi, kecerdasan bahasa sering disebut ‘word smart’. Anak-anak yang memiliki kecerdasan linguistik itu suka membaca dan mengeksplor apa yang mereka tidak mengerti dan mereka tidak ketahui. Beberapa ciri anak cerdas bahasa adalah:

  1. Memiliki kelebihan dalam menguasai bahasa lainnya selain bahasa ibu (baca: bahasa sehari-hari). Mereka memiliki perbendaharaan kata yang sangat banyak.
  2. Lebih suka belajar dengan media baca-tulis. Mereka juga senang berdiskusi ataupun menyimak pembicaraan dan penjelasan orang lain.
  3. Mampu menerangkan dan menafsirkan kembali apa yang telah mereka baca dan menjelaskannya secara rinci dan detail kepada orang lain.
  4. Pandai menirukan suara, bahasa serta membaca dan menulis dari orang lain, khususnya mereka yang menekuni profesi tertentu yang membutuhkan kecerdasan verbal.
  5. Mendengar dan merespon setiap suara, ritme dan warna suara serta ungkapan kata dari orang lain dengan benar dan efisien.
  6. Berbicara efektif kepada pendengar, dimana mereka tidak menggunakan kata yang berbelit-belit atau sulit dimengerti serta menjelaskan dengan bahasa yang sederhana dan disesuaikan dengan pendengar.

( sumber: https://www.kompasiana.com/usfitriyah/5a2d292abde5755c61287d42/apa-anak-anda-masuk-ketegori-kecerdasan-linguistik )

Leave your thought