Anak Cerdas Interpersonal

29 Jul
0 comment

Anak Cerdas Interpersonal; Kecerdasan interpersonal menggambarkan keahlian seseorang dalam memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Anak yang cerdas interpersonal mampu mengelola hubungan dan mencari jalan keluar dari sebuah konflik.

Mungkin kecerdasan interpersonal dianggap tidak sepenting kecerdasan logis atau matematis, padahal (biasanya) kualitas kehidupan anak dengan kecerdasan interpersonal biasanya lebih baik. Ciri-ciri anak cerdas interpersonal antara lain:

  1. Pandai berkomunikasi.

Baik saat berada di kelas maupun di lingkungan lain, anak cerdas interpersonal sangat pandai berkomunikasi. Mereka senang berinteraksi dengan orang lain, termasuk aktivitas yang mengharuskan banyak komunikasi.

  1. Baik bekerjasama dalam tim. 

Anak dengan kecerdasan interpersonal sangat-sangat membantu saat berada dalam sebuah kelompok, karena bisa berkomunikasi dengan mudah dengan semua anggota kelompok.

  1. Punya kepemimpinan yang baik.

Mereka dapat mendelegasikan peran dan tanggung jawab setiap anggota kelompok. Mereka juga bisa mengelola hubungan interpersonal maupun konflik yang terjadi.

  1. Peka dengan perasaan orang lain 

Anak yang cerdas interpersonal lebih peka terhadap emosi dan situasi yang ada di sekitarnya hanya lewat interaksi sederhana.

  1. Rasa percaya diri yang baik

Meski belum tentu lebih pandai daripada yang lain, mereka sangat percaya diri dengan bakat/kemampuannya dalam bekerja sama dengan orang lain; dan menghargai ilmu orang lain.

  1. Rasa solidaritas yang tinggi

Mereka bisa mengerti apa yang sedang dialami atau pernah dirasakan orang lain. Tak hanya itu, mereka juga benar-benar merasa senang terhadap kesuksesan orang lain.

  1. Menjadi pendengar yang baik

Solidaritas yang dimiliki anak cerdas interpersonal membuat mereka menjadi pendengar yang baik. Tak hanya sebagai pendengar saja, mereka bisa menjadi konselor atau memberikan nasihat sesuai dengan kapasitasnya.

Ayah, Bunda, ajak anak melakukan aktivitas yang berbeda-beda. Berikan pengalaman emosional yang membekas di ingatan mereka. Terjun langsung agar anak bertambah teman-teman baru –bisa dengan camping, olahraga, atau aktivitas sosial yang mengharuskan bertemu dengan orang baru.

( sumber: https://www.sehatq.com/artikel/ciri-ciri-anak-dengan-kecerdasan-interpersonal-sang-komunikator-ulung )

Leave your thought