Manfaat Berjalan Kaki secara Rutin

24 Jul
0 comment

Manfaat Berjalan Kaki secara Rutin; Berjalan kaki secara rutin bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak suka jogging atau olahraga ‘berat’ lainnya. Selain gratis, berjalan kaki termasuk olahraga yang paling praktis dan menyehatkan:

  1. Membakar kalori.

Seperti lari, jalan kaki juga termasuk jenis olahraga kardio. Jumlah kalori yang terbakar akan bertambah sebanyak 100-300 kalori bila kamu berjalan dengan cepat, dalam jarak yang jauh dengan durasi di atas 30 menit, dan di medan yang menanjak.

  1. Memperkuat jantung 

Berjalan kaki setiap hari selama setidaknya 30 menit bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner hingga 19 persen.

  1. Memperkuat tulang dan sendi.

Jalan kaki termasuk olahraga yang menahan beban tubuh Anda sendiri. Karena itu, aktivitas ini bermanfaat dalam mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Manfaat jalan kaki juga bisa membantu melindungi sendi di lutut dan pinggul, dengan memicu lubrikasi sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi tersebut.

  1. Meningkatkan energi 

Salah satu manfaat jalan kaki lainnya adalah mengurangi rasa lesu dan meningkatkan energi. Karena berjalan kaki dapat meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta menambah kadar kortisol, epinefrin, dan noepinefrin. Ketiganya adalah pengatur tingkat energi dalam tubuh.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Rutin berjalan kaki juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit-penyakit ringan. Misalnya, batuk, pilek, serta flu. Dalam studi tertentu yang meneliti seribu orang partisipan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang rutin berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit setiap hari, memiliki masa sakit lebih rendah hingga 43 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah berolahraga. Jika sakit pun, orang yang rutin berjalan kaki akan lebih cepat sembuh.

  1. Menurunkan kadar gula darah 

Manfaat jalan kaki juga bisa didapatkan ketika kita melakukannya sesudah makan, yaitu menurunkan kadar gula darah. Sebuah riset skala kecil menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit sesudah sarapan, makan siang, dan makan malam berpotensi lebih berpengaruh dalam memperbaiki kadar gula dalam darah, jika dibandingkan berjalan kaki selama 45 menit sekaligus dalam satu waktu tertentu.

  1. Memperkuat otot kaki 

Rutin melakukan olahraga jalan kaki otomatis akan memperkuat otot kaki, khususnya bila kamu sering menyusuri rute-rute menanjak. Jalan kaki di atas treadmill pun dapat memperkuat otot kaki jika alat ini disetel dengan fitur alam posisi menanjak.

( sumber: https://kesehatan.kontan.co.id/news/amazing-ini-manfaat-rutin-jalan-kaki-untuk-kesehatan-anda?page=all )

Leave your thought