Orang yang Berjiwa Besar

17 Jul
0 comment

Orang yang Berjiwa Besar; Kebanyakan orang sukses tak begitu peduli dengan pengalaman jatuh bangun yang mereka alami. Mereka hanya merasa senang ketika melakukan sesuatu, bangkit ketika gagal, dan terus melakukan apa yang membuatnya puas dan nyaman.

Merekalah orang-orang ‘besar’ yang berjiwa besar, dan berikut ini adalah ciri-cirinya:

  1. Mengikuti passion.

Mengikuti passion berarti siap-siap untuk nggak makan, berbesar hati saat kehilangan sesuatu yang sudah memberikan kehidupan atau ketika target meleset dari perkiraan. Menyeimbangkan idealisme dan kenyataan hidup itu memang tidak mudah, namun sebenarnya kita mampu berjalan di antara keduanya.

  1. Sangat menghargai waktu dan pengalaman; menikmati setiap prosesnya.

Tidak setiap orang bisa menghargai waktu yang mereka miliki, sekalipun itu ketika mereka perlu membutuhkan lebih banyak waktu buat bangkit saat gagal. Mereka adalah tipe manusia ‘ulet’ yang tahu prioritas dan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Bagi mereka, pengalaman juga merupakan guru yang paling berharga untuk mengasah kemampuan. Mereka sangat menghargai orang lain yang telah berhasil melewati proses panjang dan bisa mencapai titik keberhasilan tertentu.

  1. Tak kenal menyerah, tak dapat dihentikan.

Kalaupun harus terhenti karena alasan tertentu, mereka tidak mudah putus asa dan tak pernah berhenti sebelum mendapatkan yang diinginkan.

  1. Semakin termotivasi ketika terjatuh.

Kegagalan yang ‘sempat’ dialami justru semakin membakar semangat untuk mencapai sesuatu yang lebih besar lagi. Kegagalan adalah langkah awal dalam menemukan metode yang lebih tepat dan menjadi dasar pemikiran yang lebih realistis dalam mencapai target.

  1. Evaluasi dan introspeksi diri secara berkala.

Ini membuat mereka menyadari apa yang menyebabkan belum berhasil. Semakin tahu apa saja hal-hal yang perlu untuk dibenahi. Belajar dari pengalaman.

  1. Tahan banting.

Mampu mengubah kesulitan jadi kemudahan. Membuat apa yang tampaknya tak mungkin menjadi mungkin untuk dilakukan. Setiap orang mengalami kegagalan, akan tetapi mereka yang membesarkan jiwa dan memantapkan niatnya akan terus melangkah ke depan.

( sumber: https://www.idntimes.com/life/inspiration/fajar-laksmita-dewi/7-tanda-kamu-berjiwa-besar/7 )

Leave your thought