Bagaimana Mendidik Anak Perempuan

15 Jul
0 comment

Bagaimana Mendidik Anak Perempuan; Mendidik anak perempuan bukanlah perkara mudah. Karena perempuan memang penuh misteri dan memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan laki-laki.

Beberapa hal berikut ini sudah sepatutnya dilakukan oleh para orang tua agar tidak ‘salah didik’ anak perempuan mereka:

1.      Ajarkan mereka agama, akhlak, moral, dan etika.

Kenalkan mereka dengan Tuhan (Sang Pencipta) mereka, ajaran-ajaran maupun perintah dan larangan-Nya. Sejak kecil, ajarkan mereka adab, akhlak, sopan santun, agar terbiasa.

2.      Pedulilah kepada mereka (sebelum mengajarkan kepedulian).

Anak perempuan punya cara pandang berbeda dengan anak laki-laki. Mereka juga punya kepedulian yang lebih tinggi, juga lebih ‘perasa’. Anak perempuan menciptakan hubungan timbal-balik, saling ketergantungan yang setara (take anda give).

3.      Kembangkan potensinya.

Anak perempuan merasa dicintai dan dihargai bila dibantu. Meski begitu, tetap harus mengembangkan kemandiriannya sedini mungkin. Anak perempuan bisa melakukan beberapa hal dalam satu waktu tanpa mengabaikan hal lain.

4.      Suami mengasihi istri sepenuh hati.

Ketika seorang anak perempuan melihat ayahnya memperlakukan ibunya dengan penuh kasih, maka tak ada alasan lain bagi dirinya untuk menolak saran-saran dari ayahnya, karena putri Anda akan sangat menghargai dan menghormati ayahnya.

5.      Ayah ikut membantu pekerjaan rumah tangga.

Seorang pria yang bersedia mengerjakan tugas-tugas seorang wanita bukan berarti pria tersebut bersikap feminim, tetapi lebih kepada perhatian serta kepedulian yang tinggi. Tidak banyak laki-laki yang mau melakukan hal ini, maka jika Anda ingin menjadi seorang “pahlawan” di mata anak perempuan serta istri Anda, bantu mereka mengerjakan tugas-tugas itu.

6.      Menumbuhkan kesadaran sebagai (gender) perempuan.

Berikan putri Anda pengertian tentang menjadi seorang perempuan. Kenalkan perbedaan cara berpakaian dengan laki-laki, misalnya. Begitu pula dalam caranya bersikap serta berperilaku.

7.      Ajari keterampilan mengurus rumah tangga.

Sudah kewajiban orang tua untuk membekali seorang anak perempuan skill pekerjaan rumah tangga. Ajarkan juga kepada anak perempuan bagaimana cara yang baik bergaul dengan suami, anak, dan cara-cara yang baik dalam mengurus rumah tangga.

8.      Suami mengasihi istri sepenuh hati.

Anak perempuan harus dilindungi sekuat tenaga dari segala bentuk seks bebas dan seks pranikah (apalagi pemerkosaan). Secara ‘preventif”, cara melindunginya adalah dengan menanamkan pendidikan seks sejak dini. Berikan pemahaman bahwa perempuan adalah pihak yang paling dirugikan dalam seks sebelum menikah –maka harus dihindari.

( sumber: https://sayangianak.com/mendidik-anak-perempuan-begini-cara-mendidiknya/ )

Leave your thought