Bagaimana Memperbaiki Komunikasi

03 Jul
0 comment

Bagaimana Memperbaiki Komunikasi; Komunikasi (antar-individu/personal) harus diperlakukan sebagai dialog, bukan monolog. Itu artinya, tidak hanya Anda yang ‘terlibat’ dalam proses komunikasi.

Mengembangkan keterampilan berkomunikasi membutuhkan latihan dan kemauan untuk menjadi lebih baik. Ada beberapa tips agar Anda berkomunikasi lebih baik:

  1. Memberi perhatian dan waktu khusus.

Komunikasi yang efektif membutuhkan waktu dan kesempatan yang tepat. Misalnya, jika Anda ingin berkomunikasi dengan atasan tentang kenaikan gaji, maka jangan melakukan hal ini saat sedang berjalan di lorong kantor atau saat sedang makan siang bersama. Buatlah jadwal pertemuan dan pastikan Anda (semua) bisa benar-benar fokus, tanpa gangguan apa pun.

  1. Perbaiki eye contact.

Banyak informasi dan emosi yang bisa disampaikan hanya dengan menatap mata seseorang. Menatap lawan bicara akan membuat Anda terlihat menghormati dan peduli dengan mereka untuk tetap terhubung dalam percakapan. Melakukan kontak mata merupakan keterampilan berkomunikasi yang penting untuk dilakukan.

  1. Gunakan bahasa tubuh yang baik dan sesuai.

Lakukan gerakan tubuh saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicara. Anda bisa menurunkan diri menjadi lebih rendah saat sedang berbicara dengan anak-anak. Atau bisa juga dengan duduk dan berdiri tegak saat sedang berbicara dengan orang dewasa. Sesuaikan juga gerakan tangan Anda ketika berbicara.

  1. Jadilah pendengar yang baik.

Boleh jadi komunikasi terbaik adalah tanpa berkata apa-apa, hanya mendengarkan saja. Anda cukup memberikan kesempatan kepada mereka untuk berbicara, dengarkan dengan penuh empati. Mendengarkan lawan bicara akan memberikan informasi yang memungkinkan Anda menyampaikan pesan selanjutnya lebih efektif.

  1. Belajar terus, tak kenal bosan dan lelah.

Tak ada yang sempurna dan langsung menjadi seorang komunikator handal. Jadikan pengalaman Anda untuk terus meningkatkan keterampilan berbicara, dan komitmen untuk better and better. Bacalah buku, ikuti seminar/kursus/pelatihan tentang komunikasi ataupun public speaking.

( sumber: https://koinworks.com/blog/mengatasi-kesulitan-saat-berkomunikasi/ )

Leave your thought