Tipe Orang yang sedang Diuji

25 Jun
0 comment

Tipe Orang yang sedang Diuji; Musibah dan bencana bisa datang kapan saja, tanpa kita duga atau perkirakan sebelumnya (baca: tanpa pemberitahuan), apalagi minta izin terlebih dahulu…?

Namun satu hal yang pasti, dan sudah seharusnya kita yakini: itu terjadi karena kehendak Tuhan Yang Mahakuasa. Namun, ada hal lain yang semestinya kita yakini pula: Tuhan yang Mahabijaksana tidak akan memberikan ‘ujian’ di luar kemampuan sang hamba dalam menghadapinya.

Termasuk hamba yang manakah kita?  Ada beberapa kelompok (tipe) manusia dalam menyikapi cobaan dan musibah di dunia:

  1. Kelompok orang-orang yang lemah.

Mereka adalah tipe orang yang selalu mengeluh terhadap setiap keadaan. Selalu mengadu, namun bukan kepada Tuhan, tetapi kepada manusia. Padahal setiap cobaan yang dihadapi, serahkan saja kepada Sang Pencipta. Hanya kepada-Nya sajalah kita boleh berkeluh kesah dan meminta-minta.

  1. Kelompok orang yang bersabar.

Yaitu tipe orang yang saat berhadapan dengan musibah, ia selalu bersabar dan menahan diri dari melakukan hal-hal yang dibenci oleh Tuhannya. Orang-orang yang sabar ketika sedang diuji hanya berdoa kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar menghilangkan atau meringankan cobaan yang sedang dihadapinya.

  1. Kelompok orang yang ridha.

Mereka berlapang dada ketika menghadapi musibah. Orang-orang yang ridha itu menyadari betul bahwa semua yang terjadi atas kehendak Allah swt.  Mereka seolah-olah tidak merasakan cobaan, sehingga merika tidak berdoa untuk dihilangkan atau diringankan ujian yang sedang dihadapinya itu –derajat ridha atas musibah itu lebih tinggi daripada sabar.

  1. Kelompok orang yang bersyukur.

Mendapat musibah, malah bersyukur…? Mungkin terdengar tidak wajar, namun bagi mereka musibah adalah sesuatu yang harus disyukuri. Bahkan mereka berharap agar musibah itu tidak segera hilang atau berkurang –bertambah justru lebih bagus. Orang-orang yang menempati derajat ini adalah para nabi dan rasul, wali-wali Allah, orang-orang yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang sangat tinggi.

( sumber: https://www.liputan6.com/citizen6/read/3857198/4-tipe-manusia-saat-menghadapi-musibah-kamu-yang-mana )

Leave your thought