Manfaat Menggambar bagi Anak

18 Jun
0 comment

Manfaat Menggambar bagi Anak; Melukis, menggambar, atau sekedar corat-coret yang paling sederhana sekalipun adalah suatu aktivitas yang disukai oleh semua kalangan, dari orang dewasa sampai anak-anak. Bahkan rumah yang di dalamnya ada balita, maka tembok atau kursi-mejanya seringkali dipenuhi berbagai coretan gambar si kecil.

Sebagi orang tua, Anda tak perlu marah karena aktivitas gambar di-mana-saja-ada-tempat-kosong ini memang lumrah adanya. Anda hanya perlu memberikan wadah yang tepat –berupa kanvas atau kertas gambar.

Menggambar punya banyak manfaat besar untuk anak, di antaranya:

1.      Mengembangkan motorik halus anak.

Motorik halus, termasuk gerakan tangan, pergelangan tangan, dan jari; bisa terlatih dan semakin berkembang. Perlu diketahui bahwa motorik halus orang dewasa contohnya berupa keterampilan saat mengetik, mengemudi, atau bahkan menulis dengan tangan. Sedangkan pada usia anak-anak contoh motorik halus yang bisa dikembangkan yaitu: menggambar, memegang, atau menggenggam sesuatu.

2.      Membangun konsentrasi anak.

Anak akan fokus pada rincian kecil pada gambar, anak akan berimajinasi dalam gambarnya, dan anak juga bisa fokus menyelesaikan sesuatu dengan gambarnya.

3.      Melatih kekompakan mata dan tangan.

Selain meningkatkan keterampilan motorik halus, menggambar dapat me-synchron-kan antara apa yang ia lihat dan yang ia torehkan di kertas gambar. Koordinasi tangan dan mata ini penting untuk perkembangan anak, contohnya saat olahraga atau bahkan untuk manfaat akademiknya saat pelajaran menulis.

4.      Meningkatkan kepercayaan diri anak.

Ketika anak menggambar lalu dipuji oleh orangtuanya bahwa gambarnya bagus, itu dapat membangun kepercayaan dirinya. Ketika anak Anda memiliki kesempatan untuk membuat gambar dari imajinasi, pikiran, dan pengalamannya, ini akan membuat mereka terus menggali sesuatu yang baru.

5.      Mengajarkan anak menjadi kreatif.

Tak hanya melatih kreativitas atau imajinasinya, menggambar adalah cara anak berlatih menyelesaikan masalah secara kreatif. Saat anak sedang menggambar, ia harus menentukan cara terbaik untuk menghubungkan bagian-bagian atau titik tertentu, menggambarkan emosi, dan menggambarkan tekstur gambar tertentu.

6.      Melatih kesabaran anak

Dalam menggambar, anak akan berusaha menyempurnakan gambarnya satu sampai empat kali (atau lebih) percobaan. Selama proses menyempurnakan gambar ini, anak akan belajar bersabar agar gambarnya lebih bagus lagi. Untuk menghadapi dunia kompetisi dewasa nanti, saat anak dituntut untuk tetap sabar dan tidak mudah menyerah saat mempelajari keterampilan baru, hal ini tentu sangat penting.

( sumber: https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/manfaat-menggambar-untuk-anak/ )

Leave your thought