Anak Mogok Sekolah

16 Jun
0 comment

Anak Mogok Sekolah, Harus Bagaimana?; Apabila anak sudah mulai ataupun sering mogok sekolah, maka orang tua harus melihat berbagai kemungkinan yang menjadi penyebabnya, dan cara menanganinya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Periksa kesehatan anak.

Apakah anak mengalami penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Misalnya, mata minus membuat ia tidak dapat melihat tulisan di papan tulis, atau mengalami keluhan sakit perut atau pusing saat ada ujian atau pelajaran tertentu.

  • Ajak anak bicara ‘hati ke hati’.

Tanyakan kepadanya mengapa dia tidak mau ke sekolah. Bicarakan dengan tenang, sabar, dan yakinkan dia bahwa Anda akan mendampinginya menyelesaikan masalahnya.

  • Cari tahu hal-hal yang membuat dia merasa cemas

Biasanya anak kecil mulai (ingin) mandiri dan tidak tergantung pada orang lain sejak umur 5 tahun. Namun di saat yang bersamaan, dia akan mulai mengenali rasa cemas. Anak mungkin sedang khawatir akan suatu hal, tapi belum cukup dewasa untuk memahami dan menemukan solusinya.

Agar Anak Rajin Sekolah:

Cara membujuk anak ke sekolah dan membuatnya kembali senang bersekolah harus dilakukan dengan ‘halus’ dan ‘strategi’ –kalau dipaksa, dia malah akan semakin mogok. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk menghadapinya:

  1. Bicara dengan pihak sekolah.

Jangan ragu meminta waktu bertemu dengan guru atau kepala sekolah untuk memastikan hal tersebut. Namun orang tua juga harus berpikir positif –tak langsung berasumsi bahwa pihak sekolah atau orang lain pasti melakukan kesalahan.

  1. Tetap belajar walaupun di rumah.

Jika ia memang perlu tinggal di rumah meskipun tidak sakit, ajak ia agar tetap belajar. Misalnya dengan membaca buku dan membatasi waktunya bermain & bersantai. Selain itu, buatlah aturan yang membuatnya tidak dapat mencari-cari alasan untuk tidak sekolah.

  1. Persiapan pada malam hari (sebelumnya).

Mengajak anak untuk mempersiapkan semua di malam sebelumnya dapat membantu anak untuk lebih siap dan tidak terlambat ke sekolah. Dalam jangka panjang, ini akan membantu anak disiplin dalam beraktivitas sehari-hari.

Anak perlu dukungan orang tua untuk dapat menghadapi masalah yang membuatnya mogok sekolah. Teruslah menyemangatinya dengan kalimat-kalimat positif.

Orang tua harus bekerjasama/berkoordinasi dengan guru dan pihak sekolah jikalau anak memiliki masalah sehingga sangat sering mogok sekolah.

( sumber: https://www.alodokter.com/saat-anak-mogok-sekolah-hal-ini-yang-perlu-dilakukan )

Leave your thought