Mainan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

14 Jun
0 comment

Mainan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak; Kecerdasan anak bisa dipupuk sejak bayi. Karena itu adalah masa-masa ‘emas’ bagi anak untuk mengembangkan otaknya. Dengan menstimulus anak melalui gerakan motorik, maka kepintaran anak juga mulai terstimulus.

Untuk mendatangkan reaksi dari stimulus tersebut maka anak harus dirangsang melalui aktivitas-aktivitas yang produktif, misalnya melalui mainan. Nah, berikut ini adalah mainan yang dapat mengasah otak anak:

  1. Mainan untuk otak kiri:
  • melatih kemampuan memecahkan masalah

Kertas bergambar bangunan (sederhana saja, jangan bangunan yang rumit) untuk dianalisis bagaimana cara dia membuat bangunan seperti gambar tersebut. Atau mainan yang tujuannya mencocokkan antara satu dengan lainnya seperti menempelkan stiker buah ke tulisan buah sesuai nama buahnya, menempelkan stiker hewan ke hewan yang sesuai pula.

  • melatih kemampuan logika

Permainan Puzzle 3D atau Puzzle Siluet agar anak bisa memilih bentuk yang pas untuk masuk dan bisa mengisi ruang kosong pada area tertentu yang ada. Permainan ini melatih pikiran anak agar bisa mengombinasikan berbagai bentuk yang berbeda pada Puzzle tersebut, melalui mengenal ruang, maka kecerdasan anak akan terlatih, dan terus meningkat kemampuannya untuk berpikir logis.

  1. Mainan untuk otak kanan:
  • melatih kreativitas anak

Kreativitas harus dipupuk sedini mungkin; sejak masih balita. Seperti melalui permainan balok, permainan ini dapat mengenalkan bentuk dan warna-warni serta melatih kesabaran anak, meminta anak untuk menyusun balok menjadi rumah-rumahan atau menara. Bisa juga bermain dokter-dokteran, rumah-rumahan ataupun masak-masakan. Produk mainan ini termasuk simpel dan sederhana, namun tergantung Anda juga bagaimana cara memainkan dan melatih pola pemikiran anak.

  • melatih kemampuan membaca notasi

Mainan yang mengenalkan instrumen musik sederhana pada anak dapat melatih kemampuan otaknya, dan meningkatkan kecerdasannya. Bahkan sejak masa kehamilan, musik dapat memberi efek tertentu yang cukup baik bagi janin di dalam kandungan.

Musik dapat menjadi media yang baik untuk melatih kreativitas, kemampuan ekspresi, melatih kepercayaan diri, dan mencerdaskan otak –khususnya otak kanan anak.

( sumber: https://cekresi.com/plus/article/10-mainan-anak-penunjang-perkembangan-otak )

Leave your thought